Kado” HPN 2024 dari Jokowi: Graha Pers Pancasila dan Publisher Right

|

DITAYANG:

Jakarta – Presiden Joko Widodo menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2024 di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, Selasa (20/2/2024).

Berdasarkan pantauan Tubinnews.com Presiden Joko widodo beserta rombongan tiba di lokasi acara pada pukul 16.00 WIB.

Turut hadir dalam acara Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Sebagai catatan, HPN yang diperingati setiap 9 Februari menjadi salah satu barometer jurnalisme di tanah air. Peringatan ini sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (HUT PWI) yang dibentuk sejak 1946.

BACA JUGA  Polisi akan Rekayasa Lalin untuk Antisipasi Kemacetan saat Kampanye Prabowo—Gibran

Wartawan Indonesia semakin teguh dalam perannya mewujudkan cita-cita kemerdekaan, sekaligus sebagai salah satu pilar demokrasi. HPN juga merupakan penghargaan bagi seluruh insan pers yang telah berkontribusi dalam memajukan dan menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

Peringatan HPN menjadi salah satu hasil dari Kongres PWI ke-28 yang berlangsung di Padang pada 1978. Awalnya, hal ini tercetus dari keinginan tokoh-tokoh pers untuk memperingati eksistensi dan peran pers Indonesia dalam lingkup nasional.

Tujuh tahun kemudian, 9 Februari yang merupakan hari lahir PWI secara resmi ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional. Hal ini tertuang melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1985 tentang Hari Pers Nasional. Hingga kini, 9 Februari diperingati sebagai HPN sekaligus HUT PWI.

BACA JUGA  Sambut Ramadhan, PIKABAS Bank Aceh Syariah Salurkan Bantuan Paket Sembako

Dalam kesempatan tersebut Presiden Republik Indoensia, Ir. H . Joko Widodo, sudah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) tentang Tanggung Jawab Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas atau Publisher Rights.

Hal itu disampaikan Presiden, pada pidato di acara Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024, di Jakarta.

“Setelah sekian lama, setelah melalui perdebatan panjang, akhirnya kemarin saya menandatangani peraturan presiden tentang tanggung jawab platform digital untuk mendukung jurnalisme berkualitas atau yang kita kenal sebagai Perpres Publisher Rights,” ujarnya.

BACA JUGA  Jelang Meugang Ramadhan, Transaksi Jual Beli Pasar Hewan Sibreh Masih Sepi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional 2024 melalui rangkaian kegiatan menarik. Mulai dari seminar yang dilaksanakan secara hybrid dengan menghadirkan berbagai narasumber kompeten untuk membahas peran pers dalam mewujudkan demokrasi di era digital hingga Puncak Peringatan Hari Pers Nasional.

Rangkaian kegiatan tersebut berlangsung di Candi Bentar Hall, Ancol, Jakarta Utara, pada 17-20 Februari 2024.