Wali Kota Medan Bobby Nasution Tinjau Warga Terdampak Banjir di Kota Medan, Langsung Perintahkan BPBD Memberikan Pelayanan dan Bantuan Berupa Sembako

|

DITAYANG:

MEDAN, Tubinnews.com | Sekira pukul 12:00 Wib sampai pukul 18:00 Wib Hujan Lebat melanda Kota Medan, akibat pasca hujan, genangan air dimana-mana yang cukup tinggi dibeberapa wilayah Kota Medan, hal itu terlihat jelas di lokasi yang bersinggungan dengan Sungai besar dan Anak Sungai.

 

Pantauan Awak Media terjadinya genangan air seperti, di Jalan Gatot Subroto, Jalan Abdullah Lubis, Jalan DR. Mansyur, Jalan Setia Budi, Jalan Ngumban Surbakti, tepatnya di lapangan benteng atau lebih tepatnya lagi di stasiun kereta api medan dan sebagian besar daerah Kecamatan Medan Selayang.

 

Luapan air itu terlihat jelas di aliran Sei Putih, Sei Selayang, Sei Sikambing yang terlihat jelas tidak mampu menampung aliran air dari Drainase sekunder dan drainase lingkungan.

BACA JUGA  Pemerintah Aceh Gelar Pawai Takbir Malam Idul Fitri

 

Besarnya debit air juga terlihat jelas di aliran Sungai Babura dan Sungai Deli. Besarnya luapan air terlihat sangat keruh disertai banyaknya sampah ditambah lagi banyaknya bangunan disepanjang Sungai dan anak Sungai yang membuat aliran Sungai tidak beraturan dan sebagian sempit.

 

Dihubungi awak media terkait banjir tersebut Gibson Panjaitan selaku PLH Kadis SDABMBK membenarkan kejadian genangan dan banjir di berbagai lokasi dan meminta maaf atas kejadian tersebut.

 

“Kita akan tetap memaksimalkan normalisasi drainase – drainase sekunder dan tersier yang sudah banyak sedimennya dengan memaksimalkan personil kita sehingga saat air sungai surut daerah yang banjir dan tergenang bisa langsung kering. Dan kita berharap pembangunan bendungan Lau Simeme dan Floodway Sikambing segera dapat dituntaskan oleh Kementerian serta pelebaran Sei Selayang secepatnya terealisasi” ujar Gibson.

BACA JUGA  Majelis Seniman Aceh Gelar Pertemuan Bahas Standar Minimal Seniman Tradisi Aceh.

 

Terpisah, Aksi Walikota Medan Bobby Nasution didampingi Pj Sekda Terobos Banjir melihat langsung kondisi warga yang mengalami banjir dibeberapa lokasi.

 

Bobby Nasution langsung turun meninjau banjir di Jalan Perjuangan, Kelurahan Tanjung Rejo, Kecamatan Medan Sunggal, Selasa (27/8) petang.

 

Selain melihat kondisi warga yang kediamannya terendam banjir akibat tingginya intensitas hujan sejak siang hingga petang, menantu Presiden Joko Widodo ini langsung menginstruksikan kepada perangkat daerah terkait untuk gerak cepat membantu warga.

 

Peninjauan Bobby Nasution bersama Pj Sekda Kota Medan Topan Obaja Putra Ginting menerobos banjir untuk melihat lebih dekat titik banjir dan meninjau sungai yang ada di lokasi banjir.

BACA JUGA  Kapolsek Syamtalira Aron Bantu Masyarakat Korban Banjir

 

Sebelumnya, Bobby Nasution yang juga akan maju Pilgub Sumut, terlihat didampingi Pj Sekda juga meninjau banjir di Kecamatan Medan Selayang mulai dari kawasan Sempakata sampai Padang Bulan Selayang 2. Pemko Medan akan terus berupaya menangani dan meminimalisir terjadinya banjir. Di samping itu mengajak masyarakat tidak buang sampah sembarangan dan mendirikan bangunan di sekitar sungai.

 

Setelah melakukan peninjauan dan menampung aspirasi warga terdampak banjir, Bobby lantas memerintahkan Petugas Badan Penanggulangan Bendacana Daerah (BPBD) Kota Medan untuk memberikan pelayanan dan bantuan berupa sembako kepada warga korban banjir.

 

 

Penulis: Junaedi