USK Wisuda 203 Lulusan PPG

|

DITAYANG:

BANDA ACEH – Universitas Syiah Kuala (USK) melalui Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) menggelar wisuda kedua kepada 203 lulusan PPG Prajabatan Gelombang 2 tahun akademik 2022/2023 di AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Kamis, 28 Desember 2023.

“Angkatan kedua PPG USK, tingkat kelulusannya mencapai 99 persen,” sebut Dekan FKIP USK  Dr. Drs. Syamsulrizal, M.Kes dalam sambutanya.

Lebih jauh dirinya merincikan, dari total 203 orang wisudawan, terdiri dari: Pendidikan Biologi 51 orang, Bahasa Inggris 27 orang, Bimbingan Konseling 24 orang, Kimia 20 orang, Seni Budaya 16 orang, Sejarah 14 orang, Matematika 12 orang, Fisika 10 orang, Ekonomi 10 orang, Geografi 8 orang, PPKN 8 orang, dan Bahasa Indonesia 3 orang.

BACA JUGA  Terpilih Melalui KLB, Kurnia Muhadi Pimpin PWI Aceh Tengah

“Semua lulusan telah dipetakan/ploting oleh pemerintah melalui Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) untuk menjadi calon ASN P3K, guna mengisi kekosongan guru yang sudah dan akan pensiun di seluruh Indonesia, menurut studi masing-masing,” ungkapnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik USK, Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si., IPU menyampaikan, para lulusan yang sudah mengikuti PPG dan sudah dinyatakan lulus, berarti sudah berhasil memperoleh sertifikat pendidik yang diakui oleh pemerintah sebagai guru yang profesional, yaitu guru yang sudah memiliki keempat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan kompetensi sosial sesuai dengan amanat UU No.14 Tahun 2005 dan PP No.74 Tahun 2008 telah disebutkan di atas.

BACA JUGA  Sebanyak 6 Etnis Rohingya Mendarat di Aceh Barat, Puluhan Masih Terombang Ambing di Laut

“Semua yang sudah dinyatakan lulus dan mengikuti wisuda pada hari ini, berhak untuk mendapat gelar guru yang profesional, dengan gelar ‘Gr’ di belakang nama saudara. Selamat!” tutur Prof Agussabti.

Pihaknya mendorong, dan sangat mengharapkan kepada lulusan untuk mengikuti ploting yang sudah dilakukan oleh GTK untuk mengikuti tes calon ASN P3K, baik di Provinsi Aceh atau yang di luar provinsi Aceh. Ploting ini dilakukan semata-mata untuk memberi peluang yang lebih besar untuk menjadi ASN P3K.

BACA JUGA  Toet Apam, Tradisi Unik Warga Cot Lamkuweuh Banda Aceh di Bulan Rajab

“Jangan bersaing semuanya di Provinsi Aceh dengan calon ASN P3K lainnya yang sudah ditetapkan melalui jalur P1, P2 dan P3,” pesan WR Bidang Akademik USK.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut dalam pelaksanaan PPG. Dalam tahun ini, total 435 lulusan PPG di USK. Gelombang pertama berjumlah 232 orang yang wisuda bulan Oktober lalu, dan hari ini di penghujung tahun, Desember, USK mewisuda 203 orang lagi,” pungkasnya.