UIN Ar-Raniry-Kemkominfo Bahas Kerja Sama Pengembangan SDM di Bidang Digital

|

DITAYANG:

Banda Aceh, Tubinnews – UIN Ar-Raniry Banda Aceh menerima kunjungan Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya (SDM), Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Badan Pengembangan SDM Komunikasi dan Informatika pada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI.

Pertemuan tersebut dalam rangka membahas kerja sama antar kedua lembaga terkait penyelenggaraan Microcredential Bisnis Digital, Inovasi, dan Kewirausahaan. Acara ini berlangsung di Ruang Sidang Rektor, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Selasa (27/2/2024).

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman MAg dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kepala Pusat Penelitian dan SDM, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementerian Kominfo RI atas kunjungan kemitraan ini.

“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kepala Pusat di Kementerian Kominfo RI, yaitu Bapak Nusirwan, dan Ketua Tim Microcredential, Riza Azmi beserta anggota, untuk membahas kolaborasi percepatan transformasi digital di Indonesia,” ujar Prof Mujib.

BACA JUGA  Rektor UIN Ar-Raniry Ikut MOT Penguatan Moderasi Beragama

Lebih lanjut, Prof Mujib menyatakan dukungannya dan kesiapan untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam pengembangan SDM di UIN Ar-Raniry, terutama bagi dosen dan mahasiswa, khususnya kemitraan dengan Kementerian Kominfo RI terkait program Microcredential.

“Kami siap berkolabarasi dengan Kemkominfo RI dan berbagai pihak dalam upaya peningkatan kualitas UIN Ar-Raniry, dalam hal pengembangan Sumber Daya Manusia, dosen, dan mahasiswa dengan berbagai pelatihan dan pendampingan,” ujarnya.

Rektor UIN Ar-Raniry berharap kemitraan dengan Kemkominfo RI dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan internal perguruan tinggi dan masyarakat Aceh.

“Mudah-mudahan melalui kemitraan dengan Kominfo RI, dengan berbagai pelatihan IT, terutama kepada dosen dan mahasiswa kita, dapat berdampak positif untuk pengembangan UIN Ar-Raniry dan masyarakat Aceh,” ujarnya.

BACA JUGA  UIN Ar-Raniry Wisuda 1.635 Lulusan, Termasuk 18 Mahasiswa Asing

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Keterampilan Digital Kemkominfo RI, Dr Nusirwan SAg MSi mengatakan, Program Microcredential Bisnis Digital, Inovasi dan Kewirausahaan merupakan program bersifat bantuan.

“Program kerja sama ini bersifat bantuan, kami akan memberikan pelatihan selama satu semester dan terfokus. Setelah menyelesaikan program ini, peserta selain mendapat sertifikat microcredential yang dapat dikonversi ke SKS, juga mendapat sertifikat sesuai standar nasional atau global,” ujarnya.

Selanjutnya, Nusirwan menyebutkan bahwa tujuan dari kunjungan ini adalah untuk melakukan penjajakan awal dalam rangka penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan UIN Ar-Raniry terkait pengelenggaraan program Microcredential Bisnis Digital.

BACA JUGA  USK Akan Gelar University Gathering dan Expo di Jakarta

“Harapan kami berkunjung ke sini untuk memberi bantuan pelatihan, di tahap awal bagi seratus mahasiswa UIN Ar-Raniry, pelatihan berlangsung sebanyak 16 kali pertemuan. Kami berharap MoU antara kedua lembaga dapat segera dilaksanakan, sehingga program ini bisa segera kita realisasikan,” harapnya.

Nusirwan juga menyebutkan bahwa program ini merupakan bagian dari Digital Talent Scholarship (DTS), yang merupakan beasiswa pengembangan talenta digital dari Kemkominfo RI untuk meningkatkan SDM di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Turut hadir, Wakil Rektor II, Prof Dr Khairuddin MAg, Wakil Rektor III, Prof Dr Saifullah MAg, Kepala Pusat Pengembangan Bisnis, Umar bin Abdul Aziz MA, dan sejumlah dekan di lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.