UIN Ar-Raniry Jalin Kerja Sama Internasional Menuju WCU

|

DITAYANG:

Palembang, Tubinnews – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh terus berkomitmen memperluas jaringan internasional serta memperkuat kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi kelas dunia, hal ini dilakukan dalam rangka menuju universitas kelas dunia atau World Class University (WCU).

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Ar-Raniry, Prof Saifullah Idris mengatakan, UIN Ar-Raniry bersama 53 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) lainnya melakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) secara serentak dengan Zarqa University Jordan, yang berlangsung di di Auditorium UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah, Palembang, Selasa (23/01/24).

Warek III menerangkan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh di bawah kepemimpinan Rektor Prof Mujiburrahman, MAg telah berhasil meraih peringkat akreditasi unggul dari BAN-PT pada tahun 2023 lalu, dan selanjutnya berkomitmen dalam perangkingan perguruan tinggi dalam skala internasional di masa mendatang.

BACA JUGA  Seorang Pemuda Asal Simeulue Jadi Korban Pembacokan Kerusuhan Remaja di Banda Aceh

”Kerjasama Internasional ini merupakan keniscayaan bagi UIN Ar-Raniry dalam rangka mempertahankan keunggulan yang telah diraih selama ini, serta kerja sama internasional ini bagian dari pada syarat untuk mempersiapkan menuju World Class University”, ujarnya didampingi Karo AAKK UIN Ar-Raniry, Mirwan Fasta, MSi.

Saifullah menambahkan, kerja sama internasional merupakan aspek yang paling penting, disamping aspek-aspek lainnya yang dituntut oleh berbagai lembaga akreditasi selama ini, baik secara nasional maupun internasional.

Lebih lanjut, Ia menyebut kolaborasi ini telah menaruh perhatian penting bagi pengembangan mutu UIN Ar-Raniry di masa mendatang, walaupun sebelumnya UIN Ar-Raniry juga telah banyak melakukan MoU dengan berbagai kampus terkemuka lainnya, baik di kawasan ASEAN maupun di belahan dunia lainnnya, seperti USA, Canada, Eropa, Australia dan Timur Tengah.

BACA JUGA  UIN Ar-Raniry Wisuda 1.635 Lulusan, Termasuk 18 Mahasiswa Asing

Dengan demikian, menjalin hubungan kerjasama dengan Zarqa University Jordan ini membuktikan bahwa UIN Ar-Raniry juga sudah dipandang sebagai salah satu kampus penting untuk di dekati oleh kampus luar negeri lainya.

”Kita berharapkan, dengan MoU ini akan melahirkan berbagai tindak lanjut yang bermanfaat antara kedua kampus ini. Demikian juga kita mengharapkan kepada semua unsur yang ada di lingkungan UIN Ar-Raniry untuk sesegera mungkin menindak lanjutinya dengan berbagai program-program strategis sebagaimana yang tertera dalam visi dan misi Ar-Raniry itu sendiri,” pungkasnya.

BACA JUGA  Tambah Prodi Unggul: FTK UIN Ar-Raniry Gelar Workshop Analisis Kebutuhan Pengembangan Kompetensi

Sementara itu, Presiden Zarqa University Prof. Dr. Nidal Al Ramahi mengatakan bahwa Zarqa University sangat berterima kasih atas sambutan yang luar biasa yang telah diberikan. Zarqa University merasa sangat senang dapat menjalin kerja sama dengan 54 PTKIN di seluruh Indonesia.

“Zarqa University sangat senang dapat menjalin kerja sama dengan 54 PTKIN di Indonesia. Hal ini sungguh luar biasa, dalam 1 hari dapat menjalin kerja sama secara serentak bersama 54 PTKIN se-Indonesia,” tutur Presiden Zarqa University.