UIN Ar-Raniry Gelar Bimtek Pengelolaan Arsip Dinamis

|

DITAYANG:

Banda Aceh, Tubinnews – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Arsip Dinamis dengan tema “Menuju Pengelolaan Arsip Berbasis Digitalisasi”, yang dilaksanakan selama tiga hari, mulai 15 hingga 17 Mei 2024.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan Perencanaan UIN Ar-Raniry, Khairuddin, pada Rabu (15/5/2024) di Ruang Pertemuan Lt. II Gedung UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Dalam sambutannya, Khairuddin, mewakili Rektor UIN Ar-Raniry, Mujiburrahman, menyampaikan pentingnya kegiatan ini dalam meningkatkan mutu kearsipan di lingkungan kampus.

“Kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan, mudah-mudahan segala kendala dalam akses data di UIN Ar-Raniry selama ini dapat terselesaikan dengan bimtek ini. Jika data arsip kita tidak tersimpan dengan baik maka kita akan selalu kekurangan dalam hal pelaporan,” ujarnya.

BACA JUGA  Warga Pujakesuma di Aceh Sepakat Coblos dan Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

Khairuddin juga menyatakan dukungan penuh terhadap rencana pembentukan pusat kearsipan di kampus UIN Ar-Raniry.

Sementara itu, Kepala BAST-ANRI, Muhamad Ihwan, dalam sambutannya mengapresiasi UIN Ar-Raniry atas perhatian yang tinggi terhadap arsip.

“Kami menyampaikan penghargaan kepada UIN Ar-Raniry yang selama ini memberikan perhatian yang tinggi terhadap arsip, arsip dinamis sifatnya wajib bagi lembaga perguruan tinggi, nanti akan kita lakukan tertib arsip di UIN Ar-Raniry. Tertib arsip adalah kebijakan terhadap kearsipan,” tegasnya.

BACA JUGA  Pemkab Aceh Utara Mulai Cairkan Gaji ke-13 Senilai Rp 48,1 M

Muhamad Ihwan juga menekankan pentingnya penyelamatan dan pendataan arsip di Aceh, khususnya di UIN Ar-Raniry, sebagai bagian dari menjaga peradaban Aceh.

Sebelumnya, Kepala Bagian Umum UIN Ar-Raniry, Hilmi, selaku Ketua Panitia, menjelaskan tujuan Bimtek ini adalah untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada arsiparis dan meningkatkan kualitas SDM arsiparis di UIN Ar-Raniry, serta untuk menata arsip di kampus menuju digitalisasi.

“Nantinya, kami akan membentuk lembaga khusus sebagai pusat pengelola arsip di UIN Ar-Raniry, mohon dukungan jajaran pimpinan agar arsip kita semuanya bisa disimpan dan diakses secara digital,” katanya.

BACA JUGA  Sespim Lemdiklat Polri Letakan Batu Pertama Bangun Masjid, Didesain Ridwan Kamil

Hilmi juga menyampaikan terima kasih kepada BAST-ANRI, khususnya kepada Muhamad Ihwan, atas dukungan dan layanan yang diberikan untuk UIN Ar-Raniry dalam bidang kearsipan selama ini.

Bimtek ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari arsiparis dan tenaga kependidikan di lingkungan UIN Ar-Raniry dengan total durasi pelatihan selama 28 jam pelajaran (jp).

Diharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan mutu kearsipan dan mendukung upaya digitalisasi arsip di UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.