Tukar Uang THR Saat Lebaran, BI Aceh Siapkan Dana 4 Triliun Rupiah

|

DITAYANG:

Banda Aceh, Tubinnews – Dalam rangka menyambut Idulfitri 1445 Hijriah tahun 2024, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Aceh menyiapkan dana sebesar Rp3-4 triliun untuk kebutuhan penukaran uang di Tanah Rencong.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Prabu Dewanto, mengungkapkan hal ini dalam acara Bincang Bareng Media (BBM) yang berlangsung di kawasan Seutui, Kota Banda Aceh, pada Kamis (7/3/2024).

Menurut Prabu, persediaan uang untuk perayaan Idulfitri masih dalam proses perhitungan, namun perkiraan jumlahnya tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, berkisar antara tiga hingga empat triliun rupiah. Rencananya, penukaran uang akan dilaksanakan melalui program Semarak Rupiah Ramadan & Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024, yang akan segera diluncurkan dalam waktu dekat.

BACA JUGA  Ops Lilin Seulawah 2023: Angka Kecelakaan Fatalitas Menurun hingga 52 Persen

“Untuk peluncurannya, kita akan kabarkan lebih lanjut setelah mendapatkan arahan dari pusat. Konsepnya akan melibatkan perbankan yang beroperasi di daerah ujung barat Sumatra,” ujar Prabu.

Ia menambahkan, tidak hanya penukaran uang, namun program tersebut juga mencakup pengurusan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) sehingga pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dapat ikut serta dalam kegiatan tersebut.

“Kita akan membuka kerjasama dengan perbankan dan tahun ini kita mencoba menghadirkan layanan yang lebih luas, termasuk pengurusan QRIS agar teman-teman UMKM dapat turut serta merasakan manfaatnya,” tambahnya.

BACA JUGA  PWI dan IJTI Aceh Transfer Dana Aceh Peduli Palestina Tahap II, Kesempatan Berdonasi Masih Dibuka

Dengan demikian, kegiatan penukaran uang menjelang Idulfitri tahun ini di Provinsi Aceh tidak hanya menjadi sarana untuk memenuhi kebutuhan tunai masyarakat, tetapi juga sebagai upaya untuk mendorong perkembangan ekonomi lokal melalui partisipasi aktif UMKM dalam program Serambi 2024.