Tausyiah Ramadhan: AKP Suriya Sampaikan Pentingnya Rasa Simpati dan Pengendalian Diri

|

DITAYANG:

Banda Aceh, Tubinnews – Bulan Ramadhan merupakan bulan ibadah bagi seluruh umat Islam di dunia, tak terkecuali Kepolisian Daerah (Polda) Aceh yang turut berperan dalam menyebarkan pesan-pesan keagamaan, salah satunya menanamkan rasa simpati serta pengendalian diri.

Pesan tersebut disampaikan oleh Kapolsek Kuta Alam, AKP Suriya S.Pd, yang mewakili Kapolda Aceh, Irjen Achmad Kartiko dalam ceramah Ramadhan, di hadapan jama’ah Shalat Isya, Tarawih, dan Witir, di Masjid Raya Baiturrahman (MRB) pada Jumat (22/3/2024) malam.

Dalam tausyiahnya, AKP Surya menekankan, bulan puasa Ramadhan mengajarkan kita tentang kesabaran dan pengendalian diri. Dengan meningkatkan kedua hal tersebut, kita dapat menghindari konflik dan pertikaian yang tidak perlu, yang sering menjadi penyebab gangguan keamanan.

BACA JUGA  Jumat Curhat Perdana, Kapolda Aceh Jawab Keresahan Masyarakat terkait Rohingya

“Ini adalah nilai-nilai yang sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat,” kata AKP Suriya.

Ia mengajak seluruh jama’ah untuk menanamkan nilai-nilai tersebut agar proses perjalanan spiritual di bulan Ramadhan akan membawa setiap orang menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadi lebih dekat kepada Allah SWT.

Kapolse Kuta Alam, AKP Suriya saat sampaikan tausyiah Ramadhan di Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Jumat (22/3/2024) malam. [Foto: Tbn].

“Bulan ini juga waktu yang tepat untuk meningkatkan solidaritas dan kepedulian sosial seperti saling membantu dan peduli terhadap sesama dengan memperkuat tali persaudaraan, kita dapat menciptakan masyarakat yang aman dan damai serta harmonis,” tambahnya.

BACA JUGA  Relawan Pasti Satuputaran Prabowo-Gibran Resmi Terbentuk di Aceh.

Lebih lanjut, AKP Surya juga mengutip pesan dari surat Ali Imran ayat 103, yang menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan agar umat manusia dapat hidup dalam harmoni dan damai.

Selain itu, ia juga menegaskan peringatan Allah SWT dalam Al-Quran untuk tidak terprovokasi oleh berita palsu atau isu-isu yang tidak terverifikasi dari media sosial.

Di akhir tausiahnya, Surya mengajak seluruh masyarakat khususnya jama’ah untuk meningkatkan solidaritas dan kerjasama antar sesama umat manusia. Setiap orang harus menjadi teladan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sehingga meraih berkah dan rahmat yang melimpah dari sang Khalik.

BACA JUGA  Kapolri: Idul Adha Momentum Jaga Toleransi

“Mari kita tingkatkan solidaritas dan kerjasama antar sesama umat manusia. Marilah kita menjadi teladan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga kita dapat meraih berkah dan rahmαt yang melimpah dari Allah SWT, khusunya dalam bulan suci ramadhan ini,” tutup AKP Suriya.