Sociopreneur Perikanan, Calon Prodi Baru di FKP USK

|

DITAYANG:

Banda Aceh, Tubinnews – Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Universitas Syiah Kuala (USK) dikabarkan akan membukan Program Studi (Prodi) baru dengan nama Sociopreneur Perikanan. Hal tersebut dikarenakan FKP memiliki trend yang baik dalam tiga tahun terakhir.

“Tiga tahun terakhir, lulus tepat waktu mahasiswa di FKP trennya bagus. Artinya FKP fokus mengawal, memastikan mahasiswanya selesai lebih cepat,” kata Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan.

Hal tersebut disampaikan dalam giat Safari Ramadhan 2024, yang berlangsung di aula FKP, Kamis (21/3/2024). Salah satu berkah yang didapatkan fakultas yang berdiri sejak 17 Januari 2014 itu adalah USK mendapatkan kuota 300 lebih ASN.

“Dua tahun terakhir banyak tambahan SDM di FKP. Yang PNS, sedang menunggu SK dari Kementerian. Ini alhamdulillah sekali, karena tidak banyak PTN yang mendapatkan tambahan banyak. Kita (USK) masuk 5 besar tambahannya. Beberapa diantara yang diterima kedepan akan bekerja di FKP,” ujar Rektor.

BACA JUGA  USK Akan Gelar University Gathering dan Expo di Jakarta

Dalam momen tanya jawab, Prof Marwan turut mengabarkan, FKP kebagian sekitar Rp 2,7 M dari program revitalisasi universitas. Rektor juga menyampaikan permintaan maaf karena belum bisa mengerahkan dana yang lebih banyak, dikarenakan harus dibagi-bagi kepada semua fakultas yang ada di USK.

“Mohon dipastikan alat yang diusulkan sesuai. Ini harus dikawal karena jangan sampai inden terlalu lama barangnya,” pesan Rektor.

Sementara itu, Dekan FKP USK, Prof. Dr. Muchlisin ZA, S.Pi, M.Sc mengaku terharu karena baru pada Safari Ramadhan tahun 2024, FKP bisa dikunjungi khusus. Sebab pada tahun-tahun yang lalu, selalu digabung dengan FMIPA, tetangga FKP.

BACA JUGA  UIN Ar-Raniry-Kemkominfo Bahas Kerja Sama Pengembangan SDM di Bidang Digital

“Tambahan SDM maupun fasilitas dari dana program revitalisasi, sangat membantu dan membuat kami lebih semangat. Walaupun di sana-sini kami masih ada kekurangan, dengan kebersamaan dan kerja keras, kami percaya hasilnya insya Allah lebih baik,” jelas Prof Muchlisin.

Dalam waktu tak lama, dirinya berharap program studi (prodi) di FKP bisa berjumlah lebih banyak dari sebelumnya tiga. Hal ini dinilai penting, agar juga sebanding dengan prodi pada FKP di universitas lain yang ada di Tanah Air, yang rata-rata FKP-nya minimal punya 6 prodi S1.

“Sejujurnya kita sudah susun proposal. Tapi sehubungan dengan re akreditasi universitas, maka semua proses di pending sementara. Kecuali prodi yang list-nya sudah masuk ke universitas,” kata Dekan FKP.

BACA JUGA  FISIP UIN Ar-Raniry dan DPD RI Teken MoA untuk Kerja Sama Strategis

“Kita FKP alhamdulillah ada 1 prodi baru yang sudah dapat rekom dari BAN-PT. Sudah selesai juga di LP3M. Ini menunggu SK dari Rektor. Sociopreneur Perikanan menjadi nama prodi yang keren,” ungkapnya.

Untuk diketahui, di hari yang sama, Rektor beserta jajarannya juga mengunjungi Fakultas Hukum (FH). Rektor memuji angka kelulusan tepat waktu mahasiswa FH yang menyentuh angka 46 persen. Tidak hanya itu, partisipasi FH di MBKM juga bagus.

“Dosen sertifikasi kompetisi saja yang sedikit masih kurang, dan ini menjadi tantangan kita bersama sebab penting bagi IKU 4. Kami percaya kedepan Insya Allah ini akan lebih baik,” tutup Rektor.