Roadshow Bus KPK di Aceh: Senam ‘Tolak Serangan Fajar’ Sebagai Upaya Pencegahan Politik Uang

|

DITAYANG:

Banda Aceh, Tubinnews – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, beserta para Asisten, Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh, Perwakilan Forkopimda Aceh, dan Pj Wali Kota Banda Aceh turut serta dalam Senam ‘Tolak Serangan Fajar’ bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI di area Car Free Day, Jalan T Daoed Beureueh, Minggu pagi, 12 November 2023.

Sebelumnya, KPK telah menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia 2023. Selain Roadshow Bus KPK, mereka juga menggelar Pekan Raya UMKM Aceh di Balee Meuseuraya Aceh sejak Kamis (9/11) lalu.

Sekda Aceh, Bustami Hamzah, setelah mengikuti senam pagi, mengakui upaya KPK dalam mensosialisasikan pencegahan korupsi. Salah satunya melalui peluncuran senam baru, ‘Senam Tolak Serangan Fajar,’ yang bertujuan mencegah politik uang pada Pemilu 2024.

BACA JUGA  Pastikan Liburan Aman dan Nyaman, Polsek Kota Takengon Patroli Kawasan Objek Wisata

Bustami menyatakan dukungan penuh Pemerintah Aceh terhadap upaya KPK dalam mensosialisasikan pencegahan korupsi. Dia menilai senam tersebut efektif sebagai media kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menghindari politik uang dalam pemilihan umum.

“Pemerintah Aceh tentu sangat mendukung berbagai sosialisasi pencegahan korupsi yang digaungkan KPK. Seperti tadi, KPK telah meluncurkan senam tolak serangan fajar. Ini tentu menjadi media kampanye yang cukup efektif untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menghindari politik uang dalam menghadapi pemilu, sehingga Pemilu nantinya mampu menghasilkan pemimpin dan para legislator yang bersih dan berintegritas,” ujar Bustami.

BACA JUGA  Soal Kasus Vina, Anggota DPR Yakin Polisi dapat Tuntaskan: Jangan Terprovokasi!

Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin, juga menyatakan dukungan dan apresiasi terhadap upaya KPK dalam mensosialisasikan budaya anti korupsi. Ia berkomitmen untuk mendukung sosialisasi pencegahan korupsi agar budaya anti korupsi tumbuh di tengah masyarakat.

Dalam sambutannya, Amiruddin mengumumkan rencana Pemko Banda Aceh untuk secara rutin menggelar Car Free Day setiap Minggu pagi sebagai upaya mendukung sektor UMKM. Hal ini sebagai langkah untuk mendukung pemulihan UMKM pasca pandemi Covid-19.

Direktur Pendidikan dan Pelatihan KPK RI, Dian Novianti, mengapresiasi antusiasme masyarakat Aceh dalam menyambut KPK dan partisipasi lembaga serta organisasi dalam Roadshow Bus KPK Road to Hakordia 2023. Dian menekankan kegiatan KPK tidak hanya berfokus pada penindakan tetapi juga pencegahan dan pendidikan.

BACA JUGA  Satgas OMB Seulawah Amankan Kunjungan Kaesang Pangarep di Aceh

Roadshow Bus KPK ini merupakan salah satu upaya pencegahan dan pendidikan untuk menanamkan pemahaman dan semangat anti korupsi di masyarakat Aceh. Dian menyatakan apresiasi kepada masyarakat Aceh yang merindukan Aceh dan Indonesia yang bebas dari korupsi.

“Apresiasi kami kepada masyarakat Aceh yang telah sangat menyambut baik kehadiran Roadshow bus KPK. Di setiap kabupaten dan kota yang kami singgahi, sambutan masyarakatnya sangat antusias. Ini tentu membuktikan masyarakat Aceh sangat merindukan Aceh dan Indonesia yang bebas korupsi,” kata Dian.
(Rindi/red)