Ratusan Guru Ikut Workshop Peningkatan Kompetensi Literasi

|

DITAYANG:

Lhokseumawe, Tubinnews – Ratusan guru perwakilan sekolah dari berbagai tingkatan di Aceh Utara mengikuti workshop peningkatan kompetensi literasi numerasi dan karakter pelajar melalui merdeka belajar di Hall Hotel Lido Graha Lhokseumawe, Selasa (12/12/2023).

Kegiatan itu diselenggarakan oleh Pengurus PGRI Aceh Utara yang dibuka Pj Bupati Aceh Utara Dr. Mahyuzar diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Utara, Jamaluddin. Dengan menghadirkan tiga pemateri dari Jakarta, yakni Dr. Jejen Musfah,MA membahas tentang Profil Pelajar Pancasila dalam Merdeka Belajar.

BACA JUGA  UIN Ar-Raniry Gelar Bimtek Pengelolaan Arsip Dinamis

Kemudian, Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd, membahas tentang Literasi untuk Peningkatan Karakter Belajar dan pemateri ketiga yaitu Nia Kurniasih, S.Pd membahas tentang Pembelajaran Numerasi dalam Kurikulum Merdeka.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Aceh Utara, Sarjan, Selasa (12/12) sore menyampaikan, workshop peningkatan kompetensi literasi numerasi dan karakter pelajar melalui merdeka belajar ini dilakukan dalam rangkaian Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023.

“Pada intinya, kita terus memberikan semangat dan motivasi kepada guru-guru sekolah di Aceh Utara agar dapat meningkatkan kemampuan profesionalitas guru,” ucapnya.

BACA JUGA  Kapolres Aceh Besar pimpin Langsung Apel Serentak Polisi Rw/Dusun

Ia mengatakan, sesuai dengan tuntunan sekarang, para guru itu harus bisa menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di lapangan sesuai keinginan masyarakat terhadap kemajuan dan peningkatan kualitas pendidikan di Aceh Utara.

“Kegiatan berlangsung sehari penuh dan dalam waktu singkat, tapi kita harapkan teman-teman guru untuk bisa termotivasi dan menggali ilmu yang diajarkan oleh para pemateri,” katanya.

Disebutkan, sehubungan dengan Kurikulum Merdeka didasari tiga hal, yaitu berbasis kompetensi, pembelajaran yang fleksibel, dan karakter Pancasila.

BACA JUGA  Antisipasi Praktik Curang Penjualan BBM, Polisi Cek Sejumlah SPBU di Gayo Lues

Selain itu, lanjut dia, dalam sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara Jamaluddin yang mewakili Pj Bupati Aceh Utara sangat mengharapkan kepada guru sebagai peserta untuk mengikuti kegiatan workshop ini dengan sungguh-sungguh.

“Semoga setelah kegiatan itu dapat menjadi bekal dan motivasi untuk terus menggali ilmu yang berhubungan dengan tiga hal itu, sehingga guru itu tidak terpaku dengan apa yang sudah dimiliki. Tapi terus mengejar ketertinggalannya untuk memenuhi tuntutan daripada masyarakat dan Kurikulum Merdeka,” ucapnya.