Polrestabes Medan Musnahkan 31 Kg Sabu dan 5,7 Kg Ganja, Ribuan Orang Terselamatkan

|

DITAYANG:

Polrestabes Medan Musnahkan 31 Kg Sabu dan 5,7 Kg Ganja, Ribuan Orang Terselamatkan

 

Medan, Tubinnews.com | Polrestabes Medan musnahkan barang bukti narkotika jenis sabu sebanyak 31 Kg dan ganja sebanyak 5,7 Kg, di halaman parkir sebelah Hotel Emerald Garden, Jalan KL. Yos Sudarso, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (01/10/2024) siang. Ribuan orang terselamatkan di Medan

 

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dr. Teddy Jhon Sahala Marbun, S.H., M.H., sebelum melakukan pemusnahan dalam paparannya merincikan, puluhan barang bukti narkotika yang dimusnahkan merupakan hasil sitaan dari penangkapan di dua lokasi berbeda.

 

Penangkapan pertama, Rabu (31/07/2024), di Rest Area Jalan Tol Medan Tebing Tinggi Km. 65, Kelurahan Tanah Raja, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai. Dalam penangkapan itu petugas mengamankan MK, RF, F, dan NS berikut barang bukti 31 Kg sabu.

BACA JUGA  Kadishub Aceh Pimpin Rapat Koordinasi Analisis Lalu Lintas

 

Sementara di lokasi ke dua, Kamis (05/09/2024) di Jalan Besar Tembung dekat Simpang Jodoh, Desa Bandar Khalipah, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang tepatnya di Kantor Expedisi Pengiriman Barang.

 

“Tersangka yang diamankan dilokasi ke dua berinisial MM, RM. I dan MSM. Barang bukti yang berhasil diamankan dari mereka sebanyak 5,7 Kg ganja,” ucap Kapolrestabes Medan.

 

Dari kasus tersebut, kata Teddy, dilakukan penyisihan barang bukti untuk dilakukan uji laboratorium forensik sebanyak 176 gram sabu dan 76 gram ganja.

BACA JUGA  Bhayangkari bersama YKB Siap Gelar Lomba Lari Skala Internasional Kemala Run 2024

 

“Total barang bukti yang akan dimusnahkan sebanyak 30.824 gram sabu dan 5.624 gram ganja. Dari jumlah barang bukti tersebut dapat menyelamatkan 319.488 jiwa,” tambahnya.

 

Usai paparannya, Kapolrestabes Medan bersama perwakilan Pemerintah Kota (Pemko) Medan, Kejaksaan Negeri Medan, Pengadilan Negeri Medan, Kesbangpol Medan dan perwakilan Pj Bupati Deli Serdang memusnahkan barang bukti dengan cara di bakar menggunakan mobil incinerator dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

 

Usai pemusnahan, Kapolrestabes Medan kepada awak media mengatakan, pihaknya bersama stakeholder yang berada di wilayah hukum Polrestabes Medan telah melakukan Focus Group Discussion (FGD) untuk membentuk tim terpadu pencegahan narkoba. Dengan hal itu, Teddy berharap dapat mencegah peredaran narkoba di wilayah hukumnya.

BACA JUGA  Pimpin Pemusnahan 112 Kg Sabu, Kapolda Aceh: Bila Perlu Pelaku Dihukum Mati

 

“Kita harapkan narkoba ini tidak laku, tidak ada di lingkungan kita, kekuatan bersama ini bisa mencegah sekecil mungkin peredaran narkoba,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Medan, Rakhmat, mewakili Pemko Medan memberikan apresiasi kepada Polrestabes Medan yang telah berupaya mengambil langkah konkret mencegah peredaran narkoba di Kota Medan.

 

“Kami apresiasi apa yang dilakukan oleh Kapolrestabes Medan yang telah melakukan FGD dan juga pemusnahan narkoba pada saat ini. Jadi, kami berharap semangat dari kegiatan ini demi memberantas narkoba di wilayah hukum Polrestabes Medan,” kata Rachmat.

 

 

 

 

Penulis : Junaedi