Pj Bupati Aceh Besar launching edukasi hidup bersih dan sehat Gampong Maheng

|

DITAYANG:

KOTA JANTHO – Penjabat (Pj) Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP, MM bersama Pimpinan Kantor Fungsional BRI Banda Aceh Nyak Yusrizal, melaunching dan melakukan edukasi perilaku hidup bersih dan sehat, serta menandatangani prasasti sumur bor, menara air dan pipanisasi di Gampong Maheng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar, Kamis (11/1/2024).

Pada kesempatan itu Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengatakan air bersih merupakan kebutuhan vital bagi masyarakat, apalagi dalam situasi perubahan cuaca atau disebut dengan istilah el nino. Sehingga, sumur bor tersebut akan membantu memenuhi kebutuhan air, khususnya bagi masyarakat di Gampong Maheng. “Kebutuhan air ini tidak hanya untuk konsumsi sehari-hari, tetapi juga berdampak pada ketahanan pangan. Selain itu juga untuk menghindari munculnya penyakit karena kekurangan air,” ujarnya.

BACA JUGA  Jelang Lebaran, Ribuan Penumpang Mudik ke Simeulue Padati Aceh Hebat 1

Ia berharap, sumur bor tersebut juga dapat mendukung perekonomian di Desa Maheng, dengan menjadikan aktivitas pertanian yang lebih produktif. Penggunaan air bersih ini, nantinya diharapkan lebih bijaksana dan jangan sampai terbuang sia-sia. Masyarakat juga diajak untuk merawat fasilitas air bersih yang sudah ada agar bisa dimanfaatkan secara berkelanjutan.

Selanjutnya Iswanto mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Aceh yang sebelumnya telah meresmikan sumur bor dan peletakan batu pertama pembangunan tempat penampungan air bersih di Desa Maheng ini. “Terimakasih juga kami sampaikan kepada Pimpinan Kantor Fungsional BRI Banda Aceh yang telah memberi konstribusinya sehingga masyarakat Aceh Besar khususnya Gampong Maheng mendapatkan manfaat dari sumur bor ini,” ungkapnya.

BACA JUGA  Pj Bupati Aceh Besar Lauching Klinik E-Katalog Lokal

Pimpinan Kantor Fungsional BRI Banda Aceh Nyak Yusrizal mengatakan, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah semua perilaku kesehatan yang diaplikasikan karena kesadaran pribadi, sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. “Program pembangunan sumur bor tersebut bertujuan untuk mendapatkan fasilitas air bersih di daerah yang mengalami kesulitan air bersih seperti di Gampong Maheng ini,” ujarnya.

Diharapkan, dengan adanya sumur bor ini dapat memberikan manfaat untuk Gampong Maheng yaitu dengan tersedianya fasilitas air bersih di Gampong Maheng,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Kuta Cot Glie Zulkifli S.Sos yang berharap semoga kehadiran sumur bor ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan apa yang sudah dibangun ini agar dijaga dan dirawat bersama dan dimanfaatkan secara bersama. “Kami mohon apa yang sudah ada ini agar dijaga dan dirawat secara bersama, dan mari manfaatkan juga secara bersama, jangan sampai sumur bor ini hanya dimanfaatkan oleh sebahagian warga atau pun kelompok, jangan ada sekat-sekat di Gampong ini, karena ini diberikan untuk semua warga Gampong Maheng,” pungkasnya.

BACA JUGA  Pj Bupati Aceh Besar Teken MoU PBJT dengan PLN UP3 Banda Aceh

Selain Pj Bupati dan Pimpinan Kantor Fungsional BRI Banda Aceh serta Camat Kuta Cot Glie, kegiatan tersebut juga dihadiri Forkompicam, Imum Mukim, Keuchik dan warga Maheng. (**)