Penutupan Aceh Ramadhan Festival 2024, Sandiaga Uno: Saya Selalu Bangga Dengan Budaya Aceh

|

DITAYANG:

Banda Aceh, Tubinnews – Aceh Ramadhan Festival (Ramfest) 2024 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) resmi ditutup oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh pada Senin (1/3/2024) sore.

Dalam sambutannya, Sandiaga menyampaikan apresiasinya atas kesuksesan event Aceh Ramadhan Festival 2024 yang berjalan dengan lancar dan penuh kegembiraan.

Dia juga mengungkapkan kebanggaannya terhadap keragaman budaya Aceh yang tercermin dalam event tersebut. Menurutnya, keanekaragaman budaya ini menjadi salah satu daya tarik utama Aceh Ramadhan Festival.

BACA JUGA  Bhabinkamtibmas dan Polisi RW Silaturahmi dengan Warga Binaan untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

“Saya sangat bangga sebab Aceh selalu melestarikan budaya-budaya dan pariwisata yang sangat memiliki nilai-nilai budi pekerti, keluhuran, keunikan tradisi serta budaya otentik masyarakat Aceh,” ujar Menparekraf.

Tak hanya itu, Sandiaga juga mengatakan, Aceh Ramadhan Festival 2024 berhasil mendapatkan penghargaan Kharisma Event Nusantara (KEN) Menparekraf untuk keempat kalinya. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peran festival tersebut dalam mempromosikan kebudayaan Aceh secara luas.

Ia berharap, melalui event tersebut, Aceh bisa menjadi destinasi wisata religi nomor satu di Indonesia.

“Saya harapkan ini dapat menjadi festival daya tarik wisata religi nomor satu di Indonesia,” kata Sandiaga dengan semangat.

BACA JUGA  Pj Gubernur Dampingi Menko PMK Kunjungi Warga Penerima Bantuan Pemerintah

Di sisi lain, Pejabat Sementara (Pj) Gubernur Aceh, Bustami, yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, Aceh Ramadhan Festival tidak hanya dimaknai sebagai acara perayaan, melainkan sebuah momen yang memiliki makna mendalam serta membawa nilai spiritual dan otentisitas budaya, sebab diadakan di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

“Pemerintah Aceh terus mengupayakan penyelenggaraan kegiatan untuk memperkenalkan berbagai potensi budaya, keunikan, dan kekhasan Aceh. Salah satunya adalah Aceh Ramadhan Festival yang diharapkan bisa menjadi sebuah acara yang mencerminkan identitas khas Aceh,” ujar Bustami.

BACA JUGA  Gerakan Muda Visioner: Netralitas Polri tidak Perlu Dipertanyakan Lagi

Bustami menyampaikan, Aceh Ramadhan Festival telah berhasil meraih posisi dalam Top 110 event daerah terbaik secara nasional menurut Kemenparekraf RI, serta masuk dalam daftar Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024. Dia berharap agar pada tahun depan, festival tersebut dapat menduduki peringkat Top 10 KEN 2025.

Berdasarkan hal itu, Bustami memohon dukungan terus menerus dari Menteri untuk pembangunan dan pengembangan pariwisata Aceh, dengan harapan agar Aceh semakin maju dan dikenal di seluruh dunia.