Pemerintah Aceh Utara Buka Pelatihan Menjahit dan Digital Marketing Guna Realisasi Cipta Tenaga Kerja Terampil

|

DITAYANG:

Lhoksukon – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara membuka pelatihan menjahit dan digital marketing berbasis kompetensi dan produktivitas yang diikuti 32 peserta di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Aceh Utara, Selasa 24 Oktober 2023.

Penjabat Bupati Aceh Utara, Mahyuzar, mengapresiasi semua pihak atas terlaksananya kegiatan pelatihan program Kementerian Tenaga Kerja RI Tahun 2023 itu.

Mahyuzar mengatakan, tahun ini UPTD BLKI Aceh Utara telah selesai melaksanakan 15 paket kegiatan pelatihan berbasis kompetensi yang didanai dengan APBN Kementerian Tenaga Kerja dan pada pelatihan ini merupakan dua paket tambahan lain.

BACA JUGA  Amal Hasan, Kelompok Ibu-ibu Bisa Menjadi Penyangga Ekonomi Rumah Tangga

Menurutnya, pelatihan ini sangat penting dan strategis untuk menyiapkan tenaga kerja yang kompeten, produktif dan berdaya saing.

Khususnya untuk dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan ekonomi dan kebutuhan pasar kerja lokal dan berbasis potensi unggulan daerah.

Lebih jauh Mahyuzar mengharapkan hendaknya BLKI ke depan dapat menjadi pusat pelatihan ketrampilan dan pengembangan wirausaha.

Untuk itu, perlu terus dilakukan revitalisasi BLKI menuju BLKI transformatif, yaitu BLKI yang mampu melakukan penyesuaian diri secara cepat terhadap kebutuhan pasar tenaga kerja yang dinamis.

BACA JUGA  Kapolda Aceh dan Pangdam IM Kampanyekan Keselamatan Berlalu Lintas pada Fun Bike Sinergisitas

Sementara, Kepala Dinas Penanaman Modal Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Aceh Utara, Hj Nyak Tiari SE MM menyampaikan, kegiatan ini untuk dua kejuruan yaitu bidang keahlian garmen apparel atau menjahit pakaian dengan mesin dan keahlian digital marketing.

Kegiatan didanai dengan anggaran APBN dana tambahan dengan tujuan untuk mengurangi angka pengangguran dan menekan angka kemiskinan.

Pelatihan berlangsung 33 hari di gedung BLKI bekas kantor Bupati Aceh Utara, jalan T Hamzah Bendahara, Lhokseumawe dengan jadwal masuk pulul 08.00 WIB-15.00 WIB.

BACA JUGA  Partai Perindo dan PPP Nilai Positif Patroli TNI-Polri di Kota Surakarta

Kepala BLKI Aceh Utara, Nurul mengatakan pelatihan diharapkan dapat tercipta tenaga kerja yang terampil dan kompeten, sehingga mampu menciptakan lapangan kerja mandiri.
(Rindi/red)