Pemerintah Aceh Memberikan Penghargaan kepada 23 Kabupaten/Kota dalam Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023

|

DITAYANG:

Banda Aceh – Pemerintah Aceh memberikan penghargaan kepada sejumlah kabupaten/kota terbaik dalam Pelaksanaan 8 (delapan) Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023.

Acara ini berlangsung di Hermes Palace Hotel Banda Aceh , 4 Juni 2024.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Aceh, Dr. H. T. Ahmad Dadek, SH, MH, yang mewakili Ketua TPPS Aceh menyatakan penilaian kinerja penurunan stunting merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah provinsi untuk mengevaluasi kinerja pemerintah kabupaten/kota dalam pelaksanaan 8 (delapan) aksi konvergensi penurunan stunting.

BACA JUGA  Tim Gabungan Gagalkan Penyelundupan 86 Kg Sabu, Sita Dua Senpi Laras Panjang

Tujuan Penilaian Kinerja 8 (delapan) aksi konvergensi penurunan stunting dilaksanakan untuk mengukur, memastikan akuntabilitas, mengevaluasi dan mengapresiasi kinerja pemerintah kabupaten/kota dalam pelaksanaan 8 (delapan) aksi konvergensi penurunan stunting.

Pemerintah Aceh menargetkan penurunan angka stunting sebesar 29 persen pada tahun 2026. Hasil Survey Kesehatan Indonesia tahun 2023 merilis angka prevalensi stunting Aceh sebesar 29,4 persen, turun sebesar 1,8 persen dari angka 33,2 persen. Target Pemerintah Aceh dalam RPA Tahun 2023 sudah melampaui dengan yang direncanakan.

BACA JUGA  APDESI Kota Banda Aceh Gelar Buka Puasa Bersama dan Ramah Tamah, Pererat Hubungan Antar Keuchik untuk kemajuan Kota"

Penilaian kinerja terhadap kab/kota dilakukan oleh tim panelis yang telah dibekali bimbingan teknis terkait penilaian kinerja 8 (Delapan) Aksi Konvergensi sesuai dengan petunjuk teknis dari Pemerintah Provinsi terhadap kinerja Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi untuk penurunan stunting di Aceh tahun 2023

Hasil penilaian kinerja ditetapkan dalam Keputusan Gubernur Aceh No 400.2.5/836/2024 tentang Penetapan Hasil Penilaian Kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota dalam Pelaksanaan 8 (delapan) aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023 menetapkan terbaik satu Kabupaten Simeulue, terbaik dua Kabupaten Bener Meriah, dan terbaik tiga Kabupaten Bireuen. Penghargaan diberikan oleh Ibu Ketua TP-PKK Aceh yang didampingi oleh Kepala Bappeda Aceh.

BACA JUGA  Tim BNPB Pusat Tinjau Kondisi Banjir Bandang Trumon