Para Keuchik Aceh Jaya Studi Banding Ke Desa Milyader

|

DITAYANG:

KLATEN – Sekitar 80 Keuchik besarta perangkat Desa Kecamatan Teunom, Setia Bakti, Krueng Sabe, Pasi Raya dan sampoiniet Aceh Jaya melakukan studi banding ke Desa Ponggok, Kecamatan Pulaharjo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, untuk belajar tentang pengelolaan Badan Usaha milik Desa.Rabu 15 Juni 2024.

kehadiran puluhan Perangkat Desa Kabupaten Aceh Jaya disambut oleh Sekdes Ponggok Yani Setiadiningrat di Pendopo Desa setempat.

Desa Ponggok yang berada di wilayah Kecamatan Polanharjo, Klaten, menjadi salah satu desa terkaya, tidak hanya di wilayah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) tapi juga se-Indonesia.

BACA JUGA  Ketua DPRK Banda Aceh Ajak Santri Daurah Tahfidz Baitusshalihin Gapai Kemuliaan dengan Alqur'an

Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten, disebutkan sebagai desa terkaya di Indonesia berikutnya. Disebutkan bahwa Desa Ponggok berubah 180 derajat dari semula desa setelah mampu memanfaatkan potensi secara maksimal.

Sekdes Ponggok Yani Setiadiningrat menjelaskan konsep berkembang Desa Ponggok diawali dengan tata kelola pemerintah yang baik dengan transparan dan akuntabel serta optimalisasi pelayanan publik, Serta mengolah potensi Bundes dengan PAD mencapai 5 Milyar pertahun dan hingga tahun 2023 PAD Desa Ponggok mencapai 16 Milyar,” Ujar Sekdes Ponggok Yani Setiadiningrat.

BACA JUGA  IOF Menerima PenghargaanTertinggi Dari Menteri Sosial RI

Yani juga mengharapkan kepada Kepala Desa Kabupaten Aceh Jaya Jangan pernah takut mengeksekusi dana desa, jangan fokus ke pembangunan infrastruktur semata, namu dana desa tersebut bisa digunakan untuk Peningkatan perekonomian masyarakat, peningkatan kualitas SDM, serta libatkan Partisipasi warga dalam proses pembangunan, serta pengembangan teknologi informasi.

Sementara itu Ketua Abdesi Kabupaten Aceh Jaya T Ali Munir Akop mengatakan kunjungan studi Banding ke Desa Ponggok ini sebagai upaya untuk menggali ilmu tentang kesuksesan desa Ponggok yang kini menjadi desa milyader dalam mengolola Bundes dan harapannya para Keuchik bisa menerapkan diDesa Masing – masing khususnya Aceh Jaya.

BACA JUGA  Pangdam IM menghadiri prosesi pelantikan dan serah terima jabatan Pj. Gubernur Aceh.