Nagan Raya Luncurkan Program Gerakan Pangan Murah

|

DITAYANG:

Nagan Raya, Tubinnews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, meluncurkan Program Gerakan Pangan Murah (GPM) bagi masyarakat dipusatkan di gerbang kompleks perkantoran Suka Makmue.

“Program GPM ini merupakan upaya pemerintah untuk mengantisipasi, mitigasi dan penanggulangan kekurangan pangan yang berdampak pada krisis pangan dan gizi,” kata Penjabat Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, Selasa (20/2/2024).

Ia menyebutkan, kegiatan tersebut juga sebagai upaya pengendalian inflasi, serta perlindungan produsen dan konsumen dari fluktuasi harga.

Dia menyebutkan, stabilisasi pasokan dan harga pangan ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi pendapatan dan daya beli petani, pelaku usaha pangan mikro serta menjaga keterjangkauan konsumen terhadap harga pokok.

BACA JUGA  Menikmati Senja di Pantai Ulee Lheue Banda Aceh Sambil Menikmati Kelapa Muda.

Fitriany mengatakan GPM merupakan program Pemkab Nagan Raya, yang dilaksanakan dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan.

“Di mana dengan adanya program ini dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan harga yang lebih terjangkau serta sebagai upaya pengendalian inflasi di daerah,” katanya mengharapkan.

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan (DKPP) Kabupaten Nagan Raya, Azman mengatakan, GPM tersebut bekerjasama dengan Perum Bulog Kantor Cabang Meulaboh, Kabupaten sebagai penyedia bahan pokok komoditi pangan.

BACA JUGA  Mohderzam Akan Hibur Warga Nagan Raya Di Event TTG

Ia mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam empat tahap tersebar di sepuluh kecamatan, dengan tahap pertama dilaksanakan sebelum tradisi meugang puasa Ramadan.

Kemudian tahap kedua menjelang datangnya puasa Ramadan, tahap ketiga sebelum menyambut Hari Raya Idul Fitri dan tahap keempat sebelum tradisi meugang Hari Raya Idul Adha.

Ada pun komoditi yang disediakan dalam kegiatan tersebut meliputi minyak goreng sebanyak 12.000 liter, telur ayam sebanyak 360.000 butir, gula pasir sebanyak 12.000 kg, beras kemasan 10 kg sebanyak 120.000 kg dan tepung terigu sebanyak 12.000 kg.

BACA JUGA  Kapolda Aceh Minta Personel Layani Masyarakat dengan Penuh Tanggung Jawab

Menurutnya, setiap pengunjung hanya dapat membeli 1 paket sebesar Rp187 ribu, terdiri dari beras 10 kg seharga Rp114 ribu, gula pasir 1 kg Rp14 ribu, minyak goreng 1 liter Rp16 ribu, tepung terigu 1 kg Rp10 ribu, serta telur ayam 1 papan Rp33 ribu.