Menjelang Ramadhan, Petani Aceh Besar Keluhkan Gagal Panen

|

DITAYANG:

Jantho, Tubinnews – Menjelang Ramadhan, para petani Gampong Rima Jeune, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar mengelukan hasil panen padi mereka tahun ini gagal. Hal tersebut disampaikan oleh Muhammad (47), salah seorang petani sekaligus sekretaris kelompok tani Gampong Rima Jeune.

“Tahun ini bisa dibilang gagal hasil padi kami karena hujan tidak selalu turun sementara sumber air untuk sawah kami hanya mengandalkan hujan”, ujar Muhammad kepada Tubinnews.com pada Selasa (5/3/2024).

Muhammad menjelaskan, sebenarnya di area sawah tersebut terdapat mata air yang bisa menjadi sumber air ladang mereka. Namun, kendala terjadi karena tidak adanya selokan atau aliran air yang dapat mengalirkan air tersebut ke area ladang mereka.

BACA JUGA  Pamit Pasang Granit ke Nisam , Guru SD Seureuke Hilang Edi Maksun (48) guru SDN 6 Langkahan

“Diatas sana itu ada mata air tapi tidak ada selokan yang bisa dialirkan ke ladang,” jelasnya.

Muhammad menambahkan, sebelumnya pihak pemerintah telah melakukan peninjauan terhadap sumber mata air tersebut. Namun, sampai saat ini, belum ada tindakan konkret yang diambil oleh pemerintah setempat untuk mengatasi masalah tersebut.

“Dulu udah pernah beberapa kali di tinjau orang pemerintah masalah aliran air ini, tapi sampai sekarang belum juga direalisasikan,” jelas Muhammad.

Dalam hal itu, Muhammad berharap agar pihak pemerintah, terutama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, dapat memberikan bantuan terkait permasalahan sumber air di ladang Gampong Rima Jeune. Terlebih lagi, dengan ketersediaan akses sumber air yang memadai, diharapkan hasil pertanian mereka dapat meningkat.

BACA JUGA  Kapolda Aceh: Bhayangkara Fest 2024 Diharapkan dapat Mendekatkan Polri dengan Masyarakat