Masjid Jami’ Lueng Bata Gelar Buka Puasa Bersama dan Santunan Anak Yatim serta Haflah Al-Qur’an

|

DITAYANG:

Banda Aceh – Masjid Jami’ Lueng Bata Kota Banda Aceh menggelar acara buka puasa bersama dan santunan anak yatim yang berlangsung di masjid setempat. Pada Sabtu, 23 Maret 2024,

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh dan pejabat, termasuk Camat Lueng Bata Dra. Sukmawati, Danramil dan Polsek Lueng Bata, serta Imum Mukim Lueng Bata H. Muktar Hasan. Selain itu, turut di hadiri para keuchik sekecamatan Lueng Bata, unsur Forkopimda, tokoh masyarakat, bersama warga setempat dan beberapa tamu undangan lainnya .

Acara diawali dengan penyerahan santunan kepada 249 anak yatim dari 9 gampong di wilayah kemukiman Lueng Bata. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan kegiatan buka puasa bersama dan malam harinya usai shalat tarawih kegiatan kembali dilanjutkan dengan haflah Al-Quran .

BACA JUGA  Pj Bupati Pidie Apresiasi Bantuan Bus Damri

Ketua panitia pelaksana, H. Ridwan Hasan, menjelaskan bahwa dalam kegiatan buka puasa bersama yang diselenggarakan di Lueng Bata, selain menyediakan hidangan buka puasa yang berasal dari swadaya warga, panitia juga menyediakan kuah beulangong sebagai hidangan khas yang disantap bersama saat berbuka.

Malam harinya, setelah shalat tarawih, kegiatan dilanjutkan dengan haflah Al-Quran yang menghadirkan qari internasional asal Aceh.”Ungkap H. Ridwan Hasan .

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman spiritual yang mendalam bagi seluruh jamaah yang hadir”Tutupnya

Dalam kesempatan itu, Imuem Mukim Lueng Bata, H. Muktar Hasan, menyampaikan bahwa acara buka puasa bersama dan santunan anak yatim merupakan agenda rutin tahunan yang selalu dilaksanakan oleh warga di kemukiman Lueng Bata. Beliau berharap bahwa agenda seperti ini dapat menjadi ajang ukhuwah untuk mempererat tali silaturahmi antarwarga serta meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Al-Quran.

BACA JUGA  Akhir Pekan Ini, Yuk Ramaikan Sabang Marine Festival 2024

Dengan adanya kegiatan buka puasa bersama, santunan anak yatim, dan haflah Al-Quran yang dihadiri oleh qari internasional, diharapkan semangat kebersamaan dan kecintaan terhadap Al-Quran dapat terus tumbuh dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di Lueng Bata.”Ungkap H.Muktar Hasan

Camat Lueng Bata, Dra. Sukmawati,yang hadir langsung dalam kegiatan itu mengapresiasi kekompakan dan antusiasme warga Lueng Bata dalam melaksanakan kegiatan buka puasa bersama dan santunan anak yatim. Beliau menyatakan kebanggaannya atas partisipasi aktif warga dalam mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan di kecamatan Lueng Bata.

Diharapkan kekompakan warga akan terus terjalin dan menjadi kekuatan dalam membangun kecamatan Lueng Bata.”Ujar Dra.Sukmawati.

BACA JUGA  Kejari Bireuen Laksanakan Pendampingan Desa Siaga Antikorupsi di 12 Desa

Sementara itu, Imam Besar Masjid Lueng Bata, Tgk. H. Ahmad Rizal, menyatakan bahwa kegiatan buka puasa bersama yang malamnya dirangkai dengan haflah Al-Quran memiliki makna yang mendalam.

Menurut beliau, momen ini menjadi momentum penting untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Al-Quran dan memperdalam pemahaman akan ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya.

Tgk. H. Ahmad Rizal juga menekankan pentingnya menjaga kebersamaan dan keharmonisan dalam menjalankan ibadah Ramadan. Ia berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan sebagai wujud nyata dari semangat keagamaan dan kepedulian sosial di masyarakat.

“kegiatan buka puasa bersama dan santunan anak yatim serta haflah Al-Quran dapat terus menjadi tradisi yang mempererat hubungan antarwarga dan meningkatkan kecintaan terhadap Al-Quran di kecamatan Lueng Bata.”demikian Tutup Tgk.H.Ahmad Rizal