Mahasiswa Internasional Terpukau pada Pekan Kebudayaan Aceh ke-8

|

DITAYANG:

Banda Aceh, Tubinnews – Mahasiswa dari sejumlah negara turut meramaikan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 di taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh, Rabu 8 November 2023.

Mereka dengan antusias mengunjungi sejumlah anjungan kabupaten/kota. Di dalam anjungan, para mahasiswa lintas negara, baik laki-laki maupun perempuan, terpukau melihat pameran seni, budaya, dan kuliner yang dipamerkan.

Para mahasiswa ini juga terlihat akrab dengan pengunjung lainnya dan turut berpartisipasi dalam sesi swafoto. Saat memasuki anjungan Kabupaten Aceh Jaya, mereka juga bersemangat memainkan beberapa alat musik tradisional yang dipamerkan.

BACA JUGA  Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat, Kapolri Ungkap Upaya-Strategi Wujudkan Mudik Aman dan Nyaman

Azizi, seorang dosen dari Universitas Syiah Kuala (USK) yang mendampingi para mahasiswa asing tersebut, menyatakan pihaknya dengan sengaja membawa mahasiswa dari luar negeri ke arena utama PKA-8 dengan tujuan untuk memperkenalkan berbagai aspek kesenian dan kebudayaan Aceh.

“Ini merupakan momen yang sangat bagus. Mengingat adanya PKA, kami mengajak para mahasiswa ini untuk mengunjungi sejumlah anjungan dengan tujuan sebagai bentuk edukasi dan untuk memperkenalkan adat dan budaya Aceh kepada mereka,” ujarnya.

BACA JUGA  Pendiri dan CEO Startup Twibbonize Sarjana di USK

Azizi menyebutkan ada sembilan mahasiswa yang ikut dalam kegiatan kunjungan ke PKA-8 ini. Mereka berasal dari beberapa negara di Eropa dan Asia.

“Ada mahasiswa yang berasal dari Thailand, Malaysia, Amerika, Kyrgyzstan, Jepang, dan sejumlah negara lainnya,” tambahnya.

“Semua dari mereka adalah mahasiswa USK yang telah menempuh pendidikan di Aceh selama satu tahun terakhir ini,” sambung Azizi.
(Rindi/red)