LD PBNU dan UIN Ar-Raniry Teken Kerja Sama Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Professional

|

DITAYANG:

Banda Aceh, Tubinnews – Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Negeri Islam (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menandatangani naskah perjanjian kerjasama untuk menyelenggarakan sertifikasi pembimbing manasik haji professional.

“Hal ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas layanan bimbingan manasik haji di Indonesia dengan meningkatkan kualitas, standar, dan profesionalisme pembimbing manasik haji di Indonesia.” terang sekretaris LD PBNU, Nurul Badruttamam pasca penandatangan MoU di Banda Aceh, Rabu (28/2/2024).

Dikatakan Nurul Badruttamam, tujuan dari diselenggarakannya perjanjian kerjasama ini adalah untuk meningkatkan kualitas, keativitas, dan integritas pembimbing manasik haji.

“Perjanjian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas, meningkatkan kreativitas, dan meningkatkan integritas pembimbing manasik haji, memungkinkan mereka untuk memberikan layanan profesional yang memenuhi kebutuhan jamaah haji.” kata pria yang akrab dipanggil Kyai Nurul.

BACA JUGA  Kapolri bersama Menko Polhukam Naik Heli Tinjau Kesiapan Arus Mudik di Merak

Menurutnya, melalui sertifikasi ini, pembimbing haji akan diberikan pengakuan atas profesionalitas mereka, serta perlindungan hukum yang diperlukan untuk melaksanakan tugas, tanggung jawab, dan kewenangan mereka dalam memberikan bimbingan manasik haji sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Selain itu, perjanjian ini juga bertujuan untuk memberikan standar kompetensi bagi pembimbing manasik haji, sehingga mereka dapat memberikan jaminan kualitas pelayanan bimbingan manasik haji yang konsisten dan berkualitas.

Lembaga Dakwah PBNU dan FDK UIN Ar-Raniry Aceh, lanjut Nurul, akan menjadi mediasi bagi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah dalam mewujudkan penjaminan mutu bagi pembimbing manasik haji, baik yang berada di lingkungan pemerintah maupun masyarakat. Melalui perjanjian ini, akan diimplementasikan regulasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan ibadah haji.

BACA JUGA  Jelang Meugang Ramadhan, Transaksi Jual Beli Pasar Hewan Sibreh Masih Sepi

“Kami sangat bersemangat dengan kerjasama ini karena kami percaya bahwa peningkatan kualitas pembimbing manasik haji adalah langkah penting dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada jemaah haji. Dengan standar kompetensi yang jelas, kami yakin bahwa pembimbing manasik haji akan dapat melaksanakan tugas mereka dengan lebih profesional.” Pungkasnya.

Sementara itu, Dekan fakultas dakwah dan komunikasi UIN Ar-raniry Aceh, Kusumawati Hatta menyebut bahwa pihaknya menyambut baik adanya inisiatif untuk meningkatkan profesionalisme pembimbing haji.

“Kami bangga menjadi bagian dari inisiatif ini untuk meningkatkan profesionalisme pembimbing manasik haji di Indonesia. Dengan adanya sertifikasi ini, kami berharap para pembimbing manasik haji akan semakin terampil dan berkualitas dalam memberikan bimbingan kepada jamaah haji, sehingga pengalaman mereka dalam menjalankan ibadah haji akan menjadi lebih bermakna dan lancar.” Tandasnya.

BACA JUGA  Empat Wisatawan Prancis Masuk Islam di Aceh

Selain kerjasama penyelenggaraan sertifikasi pembimbing haji, rencananya kerjasama ini juga akan menyasar penulisan buku praktik dakwah serta peta dakwah di Aceh.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman, MAg menyampaikan apresiasi atas terlaksannya kerja sama antara Fakultas Dakwan dan Komunikasi UIN Ar-Raniry dengan LD PBNU, ia berharap nantinya akan melahirkan pembimbing manasik haji yang professional dengan standar yang telah ditetapkan pemerintah.

Untuk itu, Rektor menegaskan kepada pimpinan FDK yang menjadi pelaksana dari program tersebut agar dapat mengimplementasikan butir-butir yang tercantum dalam naskah kerja sama, sehingga apa telah disepakati dapat berjalan dengan baik.