Lagi Terjadi Bencana Longsor, Polsek Silih Nara Sigap Datangi Lokasi Dan Gotong Royong Bersama Warga Setempat

|

DITAYANG:

Takengon – Tanggap bencana dalam wilayah hukum (wilkum) setempat, Personel Subsektor Rusip antara dan Polsek Silih Nara Polres Aceh Tengah, datangi Tempat Kejadian Peristiwa (TKP) bencana Tanah Longsor di ruas jalan Uning – Pamar.

Bencana tanah longsor disebabkan cuaca ekstrem itu terjadi tepatnya di wilayah Kampung Pantan Bener Kecamatan Rusip Antara Kab Aceh Tengah, pada Selasa Pagi 17 Oktober 2023.

Kapolres Aceh Tengah, AKBP Dody Indra Eka Putra, melalui Kapolsek Silih Nara, Iptu Ismail Muda Daulay, mengatakan, bencana alam tanah longsor kembali terjadi akibat cuaca Extrem dan curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari ini.

BACA JUGA  Zainal Abidin, Pengusaha Muda Aceh, Berpotensi Maju dalam Pilkada Kota Banda Aceh

“Setelah mendapatkan laporan bahwa adanya bencana tanah longsor tersebut, Personel Polsek Silih Nara langsung bergerak cepat menuju ke lokasi untuk melaksanakan pengaturan arus lalu lintas serta bersama sejumlah masyarakat melakukan pembersihan dengan alat seadanya sambil menunggu tibanya alat berat untuk memindahkan material tanah longsor badan jalan, agar dapat dialaui kendaraan” terang Kapolsek.

“Bencana alam tanah longsor di ruas jalan Uning – Pamar Kec.Rusip Antara Kab.Aceh Tengah yang menutupi badan jalan sepanjang lebih kurang 25 Meter dengan ketebalan material yang menutupi jalan setebal kurang lebih 1 Meter Sehingga tidak bisa di lewati oleh kendaran R2 dan R4″ujarnya.

BACA JUGA  Kapolda Aceh Terima Berbagai Keluhan Masyarakat Jelang Ramadan

Setelah dilaksanakan gotong royong bersama warga setempat dapat dilalui oleh R2 dan R4, namun material tidak dapat dipindah sepenuhnya karna material batu batu besar jatuh ke ruas badan jalan yg harus menggunakan alat berat.

Kata Kapolsek, pihaknya juga sudah berkordinasi dengan instansi Pihak BPBD Aceh Tengah, guna mendatangkan alat berat untuk mengevakuasi material tanah longsor dari badan jalan.

Kata Kapolsek, Setelah alat berat tiba di lokasi dan sampai saat ini pukul 11.00 Wib masih melakukan pembersihan dilokasi, dibantu personil polsek Silih Nara serta masyarakat Setempat, Saat ini sudah dapat dilalui oleh kendaraan R2 Dan R4” Ujar Kapolsek.

BACA JUGA  Kapolda Apresiasi Polresta Banda Aceh yang Mampu Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat

Tambah Kapolsek, Kami juga menghimbau warga masyarakat dan pengguna jalan untuk selalu hati hati saat mengendarai kendaraan disaat cuaca extrem, terutama saat berada di daerah perbukitan dan daerah rawan longsor.