Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar Gencar Tingkatkan Kesehatan Masyarakat Aceh Besar

|

DITAYANG:

Aceh Besar – Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar, Anita, SKM., M.Kes., terus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat di Aceh Besar melalui berbagai strategi dan program yang inovatif.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah program jemput bola dengan turun langsung ke masyarakat, seperti pada kegiatan skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dilaksanakan di Pasar Samahani, Kecamatan Kutamalaka, Aceh Besar, Rabu, 3 Juli 2024.

Kegiatan tersebut mendapatkan antusiasme tinggi dari muspika beserta warga setempat.

BACA JUGA  Kejati Aceh Gelar FGD Rancangan Peraturan Kejaksaan Tentang Pedomam Qanun Aceh.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar, Anita, SKM., M.Kes., menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi adanya faktor risiko PTM di masyarakat.

“Dinas Kesehatan Aceh Besar terus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan skrining PTM, yang bertujuan untuk mengetahui adanya faktor risiko PTM di masyarakat,” ujar Anita.

Dalam kegiatan skrining ini, petugas kesehatan melakukan pemeriksaan tekanan darah, cek gula darah, pengukuran tinggi dan berat badan, serta pemeriksaan kesehatan mental.

BACA JUGA  Tim Evaluator Itjen Kemendagri Apresiasi Capaian Kinerja Muhammad Iswanto

Selain skrining PTM, berbagai program lainnya juga terus dijalankan, seperti program Grebek Posyandu yang bertujuan menekan angka prevalensi stunting hingga ke wilayah terpencil dan kepulauan.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras kita semua, angka prevalensi stunting di Aceh Besar berhasil turun dari 30,1% menjadi 16,2%. Kegiatan ini akan terus kita gencarkan hingga angka stunting di Aceh Besar mencapai 14%, sesuai dengan harapan pemerintah pusat,” tambah Anita.

Dengan berbagai upaya dan program yang terus digalakkan, Dinas Kesehatan Aceh Besar optimis dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mencapai target yang telah ditetapkan.

BACA JUGA  Pj Bupati Aceh Besar Teken MoU PBJT dengan PLN UP3 Banda Aceh