Kapolresta Banda Aceh Ingatkan Warga Waspada Pencurian saat Rumah Kosong

|

DITAYANG:

Banda Aceh, Tubinnews – Polresta Banda Aceh memperketat patroli rutin melalui Polsek dan jajaran serta tim patroli kota, selama puasa dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli melalui Kasi Humas, Ipda Trisna Zunaidi mengatakan, pemeliharaan keamanan selama bulan Ramadan dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap sejumlah kejahatan yang mungkin terjadi menjelang perayaan Idul Fitri nanti.

“Kejahatan dimaksud seperti pencurian kendaraan bermotor, pencurian rumah kosong, hingga kebakaran,” kata Ipda Trisna Rabu (27/3/2024).

Selain itu, antisipasi juga dilakukan melalui imbauan dari para Bhabinkamtibmas di desa, terutama di wilayah hukum Polresta Banda Aceh, agar masyarakat lebih waspada dalam menjaga keamanan pribadi dan harta benda selama bulan puasa hingga Hari Raya Idul Fitri.

Kasi Humas Polresta Banda Aceh itu juga mengimbau kepada masyarakat, khususnya warga Banda Aceh dan sekitarnya, untuk meningkatkan kewaspadaan saat meninggalkan rumah menuju tempat ibadah.

BACA JUGA  Kapolda Aceh Terima Berbagai Keluhan Masyarakat Jelang Ramadan

“Kemudian, apabila mudik agar menitipkan rumahnya kepada tetangga atau anggota Bhabinkamtibmas yang bertugas di desa,” imbau Ipda Trisna.

Ia mengungkapkan, tindakan yang dilakukan oleh Polresta Banda Aceh patut disambut baik dan memerlukan perhatian serta dukungan dari seluruh elemen masyarakat. Menurutnya, selain upaya yang dilakukan oleh pihak kepolisian, kewaspadaan dari warga sejak dini juga sangat penting dalam mengantisipasi berbagai tindakan kejahatan, seperti pencurian saat rumah ditinggal kosong.

“Masalah ini perlu menjadi perhatian serius bagi masyarakat karena telah terjadi seringkali rumah yang ditinggalkan kosong menjadi target pencurian,” tambahnya.

Lebih lanjut, kata Ipda Trisna, dengan mendekati Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah pada minggu kedua April mendatang, sebagian besar warga akan melakukan mudik ke kampung halaman atau berkumpul dengan keluarga di berbagai daerah. Bahkan, ada warga yang memanfaatkan libur dan cuti bersama untuk berlibur ke provinsi lain di Indonesia atau ke luar negeri.

BACA JUGA  Aceh Perlu Sumber Dana Tambahan untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Ketika warga melakukan mudik atau berlibur, lanjutnya, rumah-rumah umumnya ditinggalkan dalam keadaan kosong. Oleh karena itu, untuk mencegah rumah menjadi sasaran pencurian, diperlukan kewaspadaan sejak dini dari pemilik rumah.

“Kewaspadaan yang bisa dilakukan, antara lain, memastikan rumah yang kita tinggalkan sudah terkunci dengan baik dan menitipkan kepada tetangga atau petugas keamanan serta melaporkan ke aparat desa setempat,” tutur Trisna.

Kepada warga yang tidak mudik atau berlibur hendaknya berkoordinasi dengan aparat desa setempat atau pihak terkait lain tentang perlu tidaknya melakukan ronda di lingkungan masing-masing. Hal ini termasuk salah satu cara untuk mencegah atau mempersempit kesempatan terjadinya berbagai kejahatan selama musim mudik.

“Hal yang tak kalah penting adalah warga yang tinggal di tempat agar segera melapor ke pos polisi terdekat jika menemukan orang-orang yang mencurigakan di lingkungan masing-masing, jangan mengambil langkah sendiri yang akan membawa keranah hukum nantinya,” kata Trisna.

BACA JUGA  PPK Banda Sakti dan KIP Lhokseumawe Dilaporkan ke Gakkumdu karena penggelembungan suara

Optimalisasi kemampuan daya tangkal dari masyarakat seperti di atas tentu harus didukung oleh personel polisi dan TNI serta pihak terkait lainnya dengan meningkatkan patroli rutin ke wilayah-wilayah yang warganya banyak melakukan mudik atau berlibur saat hari raya ini.

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan oleh pemudik adalah mematikan arus listrik di rumah masing-masing untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Oleh karena itu, Trisna menjelaskan, dengan berbagai upaya tersebut, diharapkan tidak akan ada lagi atau setidaknya jumlahnya berkurang jumlah rumah kosong saat pemiliknya melakukan mudik atau berlibur yang menjadi sasaran pencurian atau kejahatan lainnya.

“Kewaspadaan sejak dini saat rumah dalam keadaan kosong juga akan membuat pemudik merasa aman dan nyaman selama liburan,” tutup Trisna.