Kapolda Aceh Launching Layanan Penerbitan SIM C1 di Satpas Prototype Polres Pidie Jaya

|

DITAYANG:

Meureudu — Kapolda Aceh Irjen Achmad Kartiko, didampingi Dirlantas Kombes M Iqbal Alqudusy me-launching layanan penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) C1 di Satpas Prototype Polres Pidie Jaya, Jumat, 19 Juli 2024.

Achmad Kartiko mengatakan, peluncuran layanan tersebut sebagaimana amanat dari Peraturan Kepolisian Nomor 5 tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM. Hal itu merupakan bukti nyata komitmen Polri, khususnya Polda Aceh dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Penerbitan SIM C1 di Satpas Prototype Polres Pidie Jaya ini bukan hanya sekadar penambahan layanan, tetapi juga langkah strategis dalam menghadapi tantangan kamseltibcarlantas. Kami berupaya memastikan bahwa setiap pengendara memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk berkendara dengan aman dan bertanggung jawab,” katanya.

BACA JUGA  Pemilik Pesantren Majilah Akan Tuntut, Viralnya Ustadz Dahrul Bagi Bagi Duit Untuk Mendukung Boby Nasution 

Kemudian, pengendara yang hendak memiliki SIM C1 nantinya harus memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditentukan. Hal itu bertujuan untuk menciptakan pengendara sepeda motor yang berpengetahuan, terampil, dan beretika di jalan.

“Penting bagi kami untuk memastikan bahwa setiap pengendara memiliki lisensi yang sah dan telah melalui proses evaluasi yang ketat,” ujar abituren Akabri 1991 itu.

Ia juga menekankan bahwa keselamatan berlalu lintas bukan hanya tanggung jawab kepolisian dan pemerintah saja, tetapi juga semua pengguna jalan. Untuk itu, ia mengajak seluruh masyarakat untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas, menggunakan perlengkapan keselamatan saat berkendara, dan tidak ragu untuk mengingatkan sesama jika melihat pelanggaran di jalan raya.

BACA JUGA  Polda Aceh: Hukuman Bagi Penyelundup Rohingya sangat Berat

“Layanan penerbitan SIM C1 ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat yang membutuhkan, khususnya bagi pengendara roda dua dengan kapasitas mesin antara 250 cc—500 cc,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Achmad Kartiko mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Forkopimda Kabupaten Pidie Jaya, tokoh agama, dan tokoh masyarakat yang selalu memberikan dukungan dan kerja sama dalam setiap upaya Polri untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dirinya juga mengapresiasi kerja keras seluruh jajaran Ditlantas Polda Aceh dan Polres Pidie Jaya yang telah berupaya memberikan pelayanan yang terbaik.

BACA JUGA  Personil Polsek Darul Makmur Melaksanakan Peninjauan Lokasi Banjir

“Keberhasilan program ini tentu tidak lepas dari dukungan semua pihak. Oleh karena itu, mari kita jaga dan manfaatkan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya. Dengan semangat kebersamaan dan sinergi yang baik, kita dapat menghadirkan perubahan yang positif bagi masyarakat di Aceh,” demikian, pungkasnya.