ISBI Kembali Gelar Kongres Peradaban Aceh II di Jantho

|

DITAYANG:

Jantho, Tubinnews – Setelah sukses dilaksanakan pada tahun 2015, Kongres Peradaban Aceh I menjadi suatu peristiwa monumental yang diingat oleh masyarakat.

Keberhasilan tersebut kini diikuti dengan langkah konkret, yakni lahirnya program studi bahasa Aceh di Perguruan Tinggi Seni satu-satunya di Aceh, sebagai respons positif terhadap rekomendasi penguatan bahasa di wilayah tersebut.

Rektor ISBI Aceh, Prof. Dr. Wildan MPd, menyampaikan kabar gembira bahwa delapan tahun setelah kongres pertama, Kongres Peradaban Aceh (KPA) II akan segera digelar.

BACA JUGA  USK Akan Gelar University Gathering dan Expo di Jakarta

“Selain kegiatan Kongres, kegiatan akan diisi dengan Seminar Internasional, Pemeran dan Pertunjukan, 10 Workshop, Kemah Seniman, Khanduri Budaya dan berbagai kegiatan seni dan budaya,” ujar Prof. Wildan pada Kamis (15/2/2024).

Kongres yang bertemakan “Pemerkasaan Seni dan Budaya Aceh di Era Kecerdasan Buatan” ini direncanakan akan diselenggarakan pada 6-8 Mei 2024.

Koordinator Pusat Kerjasama, Kehumasan, dan Publikasi Ilmiah, Ichsan, memberikan konfirmasi terkait rencana kegiatan tersebut. Ia menjelaskan, Kongres akan dilaksanakan di Jantho, dengan ISBI Aceh sebagai panitia pelaksana.

BACA JUGA  Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2024 Dibuka, Ini Jalurnya

Ichsan juga menyampaikan harapannya agar acara ini mampu menarik partisipasi ribuan orang ke Jantho.

Lebih lanjut, Ketua Pelaksana Kongres (OC) menambahkan, selain kongres, juga akan diadakan Workshop yang melibatkan berbagai sekolah, khususnya SMA sederajat, yang diundang untuk hadir dalam acara tersebut.

Informasi lebih lanjut seputar Kongres dapat diakses melalui laman resmi www.isbiaceh.ac.id.

Dengan demikian, kehadiran Kongres Peradaban Aceh II diharapkan dapat memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap pengembangan seni, budaya, dan kecerdasan buatan di Aceh.

BACA JUGA  Menag Yaqut Resmi Tetapkan 5 Guru Besar Baru UIN AR-Raniry