Herman, Mahasiswa UIN Ar-Raniry dengan Segudang Prestasi

|

DITAYANG:

Banda Aceh, Tubinnews – Banyak mahasiswa bermimpi meraih prestasi tinggi, bukan untuk kesombongan, tetapi sebagai sumber inspirasi dan manfaat bagi orang lain, membantu mereka memiliki tujuan hidup yang jelas.

Seperti Herman, mahasiswa asal Sabang yang menempuh pendidikan di UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, dikenal sebagai mahasiswa ‘segudang prestasi’. Keputusannya memilih UIN Ar-Raniry disebabkan oleh reputasinya sebagai PTKIN terbaik ke-5 se-Indonesia dengan akreditasi Unggul.

Herman, mendapat penghargaan juara 3 Putra Pariwisata Nusantara Kota Sabang 2022, Sabang [Foto: Disbudpar Kota Sabang]
Herman, yang dikenal sebagai mahasiswa ‘segudang prestasi’, memberikan kontribusi signifikan untuk meningkatkan reputasi UIN Ar-Raniry di tingkat Nasional dan Internasional. Dengan ketekunan dan keterlibatan aktifnya, ia berhasil mengumpulkan berbagai prestasi untuk kemajuan kampus biru tercintanya.

“Saya mendapatkan banyak apresiasi dari kampus, baik untuk prestasi akademik maupun non-akademik. Semua jenis prestasi didukung dan diberikan dorongan kuat oleh kampus,” ungkap Herman sebagaimana dilansir dari website UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Kamis (25/1/2024).

BACA JUGA  Menjelang Ramadhan, Masyarakat Aceh Antusias Berziarah ke Makam Syiah Kuala

Pengalaman ini sangat memengaruhi perjalanan Herman di UIN Ar-Raniry,  dengan perjuangan dan ambisi besar.

Dari informasi yang dihimpun, Herman telah menjadi public speaker di lebih dari 50 acara Nasional dan Internasional, meraih peringkat kedua dari seribu peserta dalam International Youth Summit 3 Negara, dan mendirikan PARAS.ID, fokus pada Sustainable Development Goals (SDGs), serta prestasi lainnya.

Sementara itu, Di UIN Ar-Raniry Banda Aceh, terdapat organisasi atau fasilitator yang berfokus kepada isu gender dan anak. Duta Gender, organisasi yang berada dibawah naungan Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), yang mana duta gender ini memiliki peran untuk mengadvokasi isu gender dan kekerasan seksual yang ada didalam maupun diluar lingkungan UIN Ar-Raniry. Salah satunya Herman, selaku Duta gender yang aktif dalam kegiatan serta rutinitas yang telah diatur setiap jadwalnya.

BACA JUGA  Sociopreneur Perikanan, Calon Prodi Baru di FKP USK

Program yang dibuat oleh Duta Gender UIN Ar-Raniry, Banda Aceh ini diantaranya adalah sosialisasi, talkshow, pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan positif lainnya.

Banyak hal yang ia rasakan semasa dirinya menjadi Duta Gender UIN Ar-Raniry, salah satunya ia dapat mengeratkan kerjasama antar dosen, memiliki relasi teman yang sangat luas, membantu untuk menyalurkan semua ilmu yang dimilikinya kepada masyarakat serta banyak lagi manfaat dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh Duta Gender UIN Ar-Raniry.

Motivasi singkat yang diberikan oleh Herman adalah jika belajar dianggap sebagai ibadah, mencapai prestasi dapat dianggap sebagai bentuk dakwah.

Bagi Herman, memiliki prestasi bukan hanya untuk kepuasan pribadi, tetapi untuk terus memberikan manfaat kepada orang di sekitarnya. Keyakinan ini didukung oleh komitmen dan kedisiplinan yang menjadi landasan setiap kesuksesan menurutnya.

BACA JUGA  Jelang Akhir Ramadhan, Daerah Padat Mahasiswa di Banda Aceh Mulai Sepi

Herman mengakui, perjalanan kuliahnya, dengan segala jatuh bangun, dalam mengumpulkan prestasi tak terlepas dari doa kedua orang tua dan dukungan guru-gurunya.

Orang tua Herman, khususnya Ishak, menyatakan dukungannya untuk terus melangkah menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan prinsip 2K, yaitu Kesiapan dan Kemauan. Prinsip ini merupakan dasar kuat yang ditanamkan sejak kecil dan menjadi panduan dalam mengejar impian tanpa rasa ragu.

Ishak, sebagai orang tua Herman, mendorong untuk terus mengejar ilmu tanpa bosan. Tanggapannya mencerminkan prinsip 2K yang telah menjadi landasan bagi Herman.

Dengan berbagai prestasi yang telah diraih, Herman menjadi contoh inspiratif bagi teman-teman di UIN Ar-Raniry, mengajak semua untuk memiliki ambisi besar dan berkontribusi positif seperti dirinya.