FUF UIN Ar-Raniry Luluskan 37 Sarjana, Mahasiswa Harus Memiliki Akhlah Terpuji

|

DITAYANG:

Banda Aceh, Tubinnews – Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh kembali meluluskan sebanyak 37 sarjana strata satu (S1) pada yudisium gelombang II semester genap tahun akademik 2023/2024. Prosesi tersebut berlangsung di Aula Gedung Rektorat UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh, Rabu (15/5/2024).

Dekan FUF UIN Ar-Raniry, Salman Abdul Muthalib dihadapan peserta yudisium mengatakan, menjadi sarjana dari kampus islam, setidaknya ada dua hal yang penting bagi lulusan, pertama adalah memiliki wawasan yang luas. Maka, dihimbau kepada alumni agar terus semangat untuk melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi.

BACA JUGA  Polsek Ulee Kareng Intensifkan Patroli Bulan Ramadhan Hingga Subuh

Selanjutnya, poin ke dua adalah, sarjana fakultas Ushuluddin dan Filsafat harus memiliki akhlak terpuji, sebab selama mahasiswa berada di bangku kuliah, selain diajarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan, juga dididik sikap dan akhlak yang terpuji.

“Hal tersebut perlu diperhatikan dengan baik oleh seluruh alumni UIN Ar-Raniry dan khususnya kami sampaikan kepada lulusan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat,” tegasnya.

Salman memesan, alumni harus bangga menjadi bagian dari keluarga besar FUF UIN Ar-Raniry, ia juga mengatakan bahwa pimpinan terbuka untuk diberikan masukan dan kritikan yang membangun, demi pengembangan lembaga di masa mendatang. Namun, hal itu seyogyanya disampaikan dengan dengan cara-cara yang baik dengan mengedepankan etika dan estetika.

BACA JUGA  Indonesia—Vietnam Sepakat Soal Pengejaran Buronan di Kedua Negara

Sementara itu, Wakil Dekan bidang AKademik dan Kelembagaan FUF UIN Ar-Raniry, Maizuddin menyebutkan bahwa jumlah peserta yudisium pada gelombang II semester genap tahun akademik 2023/2024 sebanyak 37 orang, terdiri dari 10 laki-laki dan 27 perempuan.

“Dari 37 peserta yudisium tersebut, 13 di antaranya meraih predikat cum laude, 15 orang lulus dengan nilai pujian dan 9 orang lulus dengan predikat baik sekali. Selanjutnya, dari jumlah tersebut, dua di antaranya dari Negara Malaysia,” ujarnya.

BACA JUGA  Pj Gubernur Jadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila

Maizuddin menambahkan, pada yudisium tersebut juga diisi dengan orasi ilmiah, yang disampaikan oleh Dr Abd Wahid, MAg, akademisi FUF UIN Ar-Raniry, selanjutnya kepada peserta yudisium terbaik dari masing-masing prpodi diberikan piagam penghargaan, yang diserahkan langsung oleh Dekan.