FTK UIN Ar-Raniry Gelar Yudisium, 55 Lulusan Raih Cumlaude

|

DITAYANG:

Banda Aceh, Tubinnews – Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh kembali meluluskan 226 mahasiswa dalam Yudisium Sarjana Strata Satu (S1) Gelombang II Tahun Akademik 2023/2024. Sebanyak 55 lulusan di antaranya meraih predikat cumlaude.

Acara yudisium ini berlangsung di Auditorium Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada Jumat (17/5/2024).

Dekan FTK UIN Ar-Raniry, Safrul Muluk, dalam arahannya menyampaikan ucapan selamat kepada para lulusan yang diyudisiumkan pada acara tersebut. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua dan wali mahasiswa atas kepercayaan mereka dalam memilih UIN Ar-Raniry sebagai tempat menempuh pendidikan.

“Kami mengucapkan selamat kepada peserta yudisium yang telah lulus menjadi sarjana hari ini. Semoga ini menjadi awal yang baik dalam meraih prestasi yang lebih tinggi,” ujarnya

BACA JUGA  Panglima Laot Luncurkan Beasiswa Pendidikan Gratis untuk Anak Nelayan Aceh

Safrul menegaskan bahwa Sivitas Akademika FTK UIN Ar-Raniry berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan akademik dan administrasi terbaik kepada mahasiswa. Ia menyebutkan bahwa sebanyak 8 dari total 13 program studi di fakultas tersebut telah terakreditasi unggul.

“Kami akan terus meningkatkan pelayanan di bidang akademik. Bagi yang meraih predikat cumlaude, peluang untuk mendapatkan beasiswa lebih besar, terutama dengan akreditasi prodi dan universitas yang telah meraih predikat unggul,” tambahnya.

Lebih lanjut, Safrul berpesan kepada para lulusan untuk memiliki ketangguhan, kemampuan komunikasi, berpikir kritis, dan kecerdasan emosional untuk meraih kesuksesan setelah lulus.

BACA JUGA  UIN Ar-Raniry Gelar Pembekalan Mahasiswa KPM Berbasis Qur'ani

“Jika hanya orang pintar yang mendapatkan pekerjaan, maka akan banyak orang yang menganggur. Pendidikan tidak selalu menjamin pekerjaan dan kesuksesan, tetapi harus dibarengi dengan kemampuan membawa diri,” tutur Prof Safrul.

Dekan berharap yudisium ini bukan menjadi momentum akhir bagi para lulusan untuk menempuh pendidikan. Ia memotivasi para sarjana untuk mempersiapkan diri melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sebelumnya, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FTK UIN Ar-Raniry, Habiburrahim, dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah peserta yudisium kali ini adalah 226 orang, terdiri dari 56 laki-laki dan 170 perempuan, dari 13 Program Studi di lingkungan fakultas tersebut.

“Lulus dengan predikat Cumlaude sebanyak 55 orang, dengan rincian, Prodi PBA sejumlah 32 orang, Prodi PGMI sejumlah 9 orang, Prodi MPI sejumlah 4 orang, Prodi PAI sejumlah 4 orang, Prodi PMA sejumlah 4 orang, Prodi PBL sejumlah 1 orang dan Prodi PTI sejumlah 1 orang,” ungkap Prof Habib.

BACA JUGA  Tambah Prodi Unggul: FTK UIN Ar-Raniry Gelar Workshop Analisis Kebutuhan Pengembangan Kompetensi

Dalam kesempatan tersebut, Dekan FTK juga menyerahkan penghargaan kepada 13 lulusan terbaik dari masing-masing program studi di lingkungan FTK UIN Ar-Raniry. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada 14 mahasiswa FTK yang meraih prestasi non-akademik baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Kesan dan pesan mewakili peserta yudisium disampaikan oleh Rahmatan Islami, lulusan terbaik dari Program Studi Pendidikan Biologi dengan IPK 3,91 yang merupakan lulusan perdana non skripsi UIN Ar-Raniry tahun 2024.