FTK UIN Ar-Raniry dan Kemenag Aceh Tengah Jalin Kerja Sama Pengabdian Masyarakat

|

DITAYANG:

Banda Aceh, Tubinnews – Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh dan Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah perkuat kerjasama melalui kegiatan pengabdian masyarakat.

Kegiatan tersebut diwali dengan penandatangan naskah kerja sama oleh Dekan FTK UIN Ar-Raniry, Prof Safrul Muluk, PhD dengan Kankankemanag Kabupaten Aceh Tengah, H Wahdi MS, MA di Aula Kemenag Aceh Tengah, Selasa, (7/2/2024).

Prof Safrul Muluk menyampaikan, kedatangannya bersama tim ke Aceh Tengah merupakan bentuk komitmen pimpinan untuk menjadikan FTK UIN Ar-Raniry agar diminati oleh seluruh masyarakat Aceh, khususnya di Aceh Tengah, serta untuk pengembangan semakin maju dan menglobal di masa mendatang.

“Kami berharap masyarakat Aceh Tengah dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu-ilmu pendidikan pada 14 Program Studi yang tersedia pada FTK UIN Ar-Raniry, saat ini ada delapan Prodi telah mencapai predikat akreditasi unggul dan lima prodi lainnya akreditasi baik sekali dan sedang mempersiapkan pencapaian akreditasi unggul pada tahun 2025 mendatang,’ ujarnya.

BACA JUGA  Mahasiswa USK Wakili Aceh di Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024

Safrul juga menjelaskan, sejumlah prestasi nasional dan internasional yang telah diraih oleh para mahasiswa FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh selama ini, sebagian diraih oleh yang berasal dari Kabupaten Aceh Tengah.

“FTK UIN Ar-Raniry akan terus melakukan pengembangan di bidang pendidikan. Sudah saatnya kita berfikir dari sentralisasi menuju desentralisasi pendidikan, betapa banyak sumber daya pendidikan lahir dari Kabupaten/Kota, dan bibit-bibit kemajuan tersebut kita kembangkan dalam wujud pendidikan di Aceh,” kata Dekan.

BACA JUGA  Lazismu Pusat Tinjau Gedung Asrama UIN Ar-Raniry dalam Rencana Renovasi

Melalui kegiatan pengabdian tersebut, Safrul meyakini mampu meningkatkan mutu pendidikan generasi muda melalui peningkatan sumber daya pendidikan para guru dan juga tenaga kependidikan yang akan meningkatkan human development index masyarakat Aceh ke depan.

Sementara itu, Kakankemenag Aceh Tengah, H Wahdi MS mengatakan, bentuk kegiatan kolaborasi seperti ini harus sering digalakkan oleh setiap Perguruan Tinggi Islam, apalagi FTK UIN Ar-Raniry merupakan kampus Jantong Hate rakyat Aceh, putra-putri dari Kabupaten Aceh Tengah akan turut berbangga hati ketika para tokoh pendidikan datang dan bertemu langsung dengan mereka, tentunya akan meningkatkan animo masyarakat untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi.

BACA JUGA  Sociopreneur Perikanan, Calon Prodi Baru di FKP USK

“Pertemuan seperti ini sangat jarang terjadi, dan kami sangat mengapresiasinya, banyak hal dan program kerja lahir dari pertemuan ini, kami berharap semoga hubungan antara lembaga ini akan terus berlanjut dan melahirkan banyak perubahan yang signifikan khususnya di bidang pendidikan di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah,” kata Wahdi.

Petemuan tersebut, turut dihadiri Wakil Dekan I, Samsul Kamal, MPd, Wakil Dekan III Dr Mumtazul Fikri, Para kepala prodi dan sekretaris prodi di lingkungan FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Sementara dari pihak Kemenag, hadir seluruh Kepala Madrasah dan para dewan guru baik tingkat Aliyah, Tsanawiyah dan Ibtidaiyah.