Fakultas Psikologi Sukses Gelar Seminar Ar-Raniry Internasional Seminar ke-4

|

DITAYANG:

Banda Aceh, Tubinnews – Fakultas Psikologi UIN Ar Raniry Banda Aceh sukses menyelenggarakan the th4 Ar-Raniry Internasional Seminar on Psychology (ARISPSY) di kampus setempat, 15-16 Mei 2024. Secara bersamaan juga digelat the 1st Internasional Student Science Competition (ISSCO-PSY), Studium General tentang Psikologi Forensik dan Student Eunterpreneur Expo.

Dekan Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Muslim MSi mengatakan, th4 Ar Raniry Internasional Seminar on Psychology menghadirkan sejumlah narasumber, seperti Assoc. Prof Dr Muhammad Yusuf, Dr Mohd Azrin bin Mohd Nazir dari Malaysia, Nurul Husna Salahuddin, kandidat doktor dari Jerman, Herdian Maulana, PhD dari UNJ Jakarta, dan Barmawi, kandidat Doktor UIN Ar Raniry Banda Aceh.

BACA JUGA  UIN Ar-Raniry Lantik 8 Dosen Dengan Tugas Tambahan, Ini Pesan Rektor

“Seminar ini dilaksanakan secara hybrid,” jelas Muslim. Ia menyebutkan, tiga narasumber melakukan presentasi melalui aplikasi Zoom dan dua lainnya hadir secara langsung dalam kegiatan bertema, “Human Resilience, Empowerment and Wellness on Moslem Society” itu.

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Mujiburrahman MAg mengapresiasi kegiatan seminar tersebut dan berpesan agar para mahasiswa dan civitas akademika Fakultas Psikolog senantiasa menjaga Kesehatan mental.

“Penting juga untuk belajar dan memahami metode terapi zikir agar psikis kita senantiasa sehat dan juga bisa menyehatkan psikis orang lain,” katanya.

BACA JUGA  Perawat Jebolan USK Tembus Karier ke Jerman

Ketua Panitia Pelaksana, Siti Hajar Sri Hidayati SPsi MA melaporkan bahwa kegiatan seminar internasional tersebut diikuti oleh berbagai kalangan dari dalam dan luar negeri.

“Ada 309 partisipan dalam acara ini. Dimana 230 orang mengikuti secara online via zoom dan 79 ikut secara offline,” sebutnya.

Lebih lanjut, Fakultas Psikologi dalam kesempatan itu juga menggelar Kompetisi Sains Mahasiswa dengan sejumlah cabang kegiatan yang diperlombakan, yaitu Poster Riset, Poster Edukasi, Essay, dan Video edukasi.

“Semua perlombaan terkait dengan tema Kesehatan mental,” kata Hidayati.

Sejumlah lembaga dari dalam dan luar negeri ikut berpartisipasi dalam acara itu, seperti dari Prodi Psikologi USK dan Management Science University, Malaysia.

BACA JUGA  DPP PAN Rekomendasikan Amal Hasan Sebagai Balon Bupati Aceh Jaya 2024-2029

Kompetisi yang dilaksanakan oleh Organisasi Mahasiswa Fakultas Psikologi tersebut juga dirangkaikan dengan Bazar Kuliner melalui kegiatan Student Enterpreneur Expo dan merupakan bagian dari praktik mata kuliah Psikologi Konsumen.

“Kuliner yang ditawarkan pada bazar tersebut semuanya hasil produksi mahasiswa Psikologi UIN Ar-Raniry,” jelas Hidayati.

Kemudian, Fakultas Psikologi juga menggelar kegiatan Studium General menghadirkan pemateri Herdian Maulana PhD dari Universitas Negeri Jakarta dengan tema, “Kriminalitas dalam Perspektif Psikologi Forensik, Kenapa Kejahatan Terjadi.”

“Ada 214 peserta yang mengikuti Studium General yang memberikan gambaran tentang peran psikologi di bidang forensic ini,” sebut Hidayati.