Elemen Masyarakat dan Organisasi Mahasiswa di Banda Aceh Deklarasikan Pemilu Damai

|

DITAYANG:

Banda Aceh, Tubinnews – Guna menjaga persatuan dan kesatuan serta mencegah hoaks dalam pelaksanaan Pemilu 2024, sejumlah elemen masyarakat, komunitas dan organisasi mahasiswa di Banda Aceh menggelar Deklarasi Pemilu Damai 2024.

Beberapa elemen dan komunitas yang ikut mendeklarasikan pemilu damai ini, di antaranya Aliansi Buruh Aceh (ABA) dan Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi (ALAMP AKSI).

Lalu, Pemerintah Mahasiswa Universitas Muhammadyah Aceh (PEMA UNMUHA), Ikatan Mahasiswa Pemuda (IMP) Seuramoe Mekkah, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (BEM USK).

Deklarasi ini juga dilakukan di lokasi terpisah oleh masing-masing pihak, di mana ABA melakukan aksinya di depan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Senin (22/1/2024) kemarin.

BACA JUGA  UIN Ar-Raniry Jalin Kerja Sama Internasional Menuju WCU

Dalam pelaksanaannya, juga hadir pihak Dewan Pimpinan Wilayah Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (DPW FSPMI), Exco Aceh, PUK PT PPP BSE2 Aceh Timur dan Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK) yang ada di kota Banda Aceh.

Selain itu, komunitas ALAMP AKSI melaksanakan aksi deklarasi pemilu damainya di halaman Kantor Gubernur Aceh.

Ketua DPD ALAMP AKSI Kota Banda Aceh, Musda Yusuf Padang mengajak seluruh elemen dan warga untuk ikut menyukseskan Pemilu 2024.

BACA JUGA  Muspika Lueng Bata Gelar Apel Siaga Linmas Persiapan Keamanan TPS Pemilu 2024

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk tidak mudah percaya pada berita hoaks yang dapat menimbulkan perpecahan ditengah masyarakat.

“Boleh beda pilihan, namun tetap jaga persatuan,” ucap Yusuf.

Sementara itu, Ketua PEMA UNMUHA, Romi juga mengajak kalangan mahasiswa untuk tidak percaya pada berita yang tidak benar.

“Jangan percaya pada berita yang belum benar, nanti akan terpecah persatuan dan kesatuan kita,” pintanya saat melakukan deklarasi di GOR KONI Aceh.

Ketua Ikatan Mahasiswa Pemuda (IMP) Seuramo Mekkah, Fathur juga mengajak warga dan kalangan mahasiswa untuk ikut serta dalam menjaga persatuan dan kesatuan jelang Pemilu 2024.

BACA JUGA  Aceh dan Sumbar Jadi Basis Suara Anies Versi Hasil Quick Count

Ajakan deklarasi oleh IMP Seuramoe Mekkah itu dilakukan di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh.

Hal yang sama dengan ALAMP AKSI ini juga dilakukan oleh BEM USK ditempat yang sama yaitu halaman Kantor Gubernur Aceh.

Ketua BEM USK, Habil Fasya di hadapan para mahasiswa juga mengajak menjaga agar Pemilu 2024 dilaksanakan tanpa adanya intimidasi dan percaya kepada pemberitaan hoaks.