Dekan FKH USK Hadiri Pertemuan SEAVSA di Thailand

|

DITAYANG:

Banda Aceh, Tubinnews – Dekan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Syiah Kuala (USK), drh. Teuku Reza Ferasyi, MSc., PhD, mendapat undangan untuk mengikuti pertemuan  tahunan (Annual Meeting)South East Asia Veterinary School Association (SEAVSA) pada tanggal 22-23 April 2024 di FKH Kasetsart University, Bangkok, Thailand.

Kegiatan ini dapat diikuti setelah FKH USK secara resmi menjadi anggota SEAVSA sejak beberapa tahun lalu. Pada kesempatan ini Dekan FKH USK yang juga sebagai Sekretaris Asosiasi FKH Se-Indonesia (AFKHI) hadir bersama Ketua AFKHI dan sejumlah Dekan FKH lainnya di Indonesia yang diundang untuk hadir.

Kegiatan Annual Meeting SEAVSA Tahun 2024 ini dibuka dengan resmi oleh Presiden Kasetsart University, Dr. Chongrak Wachrinrat didampingi oleh Dekan FKH Kasetsart University Dr. Khongsak Thiangtum. Dalam sambutannya Presiden Kasetsart University menyampaikan ucapan selamat datang kepada semua peserta dari berbagai FKH di negara di ASEAN.

BACA JUGA  Hari Kedua Idulfitri, 1.157 Kendaraan Pemudik Gunakan Tol Sibanceh

Ia juga berharap semua peserta bisa memperoleh manfaat atas kunjungan ke FKH dan rumah sakit hewan dari Kasetsart University. Selanjutnya Dr. Khongsak Thiangtum yang juga Presiden SEAVSA menyampaikan sejumlah maksud dan tujuan dari Annual Meeting. Beliau terlebih dahulu memperkenalkan bahwa FKH Kasetsart University saat ini menduduki peringkat 3 terbaik di Thailand, dan nomor 70 terbaik di rangking dunia.

Ia menambahkan bahwa secara khusus pertemuan ini diagendakan untuk membahas draft dokumen standar akreditasi FKH se-ASEAN. Diharapkan dengan nanti diberlakukannya standar akreditasi ini dan dijadikan rujukan untuk dipenuhi oleh FKH di ASEAN maka memungkinkan memberi peluang lulusan berkerja di negara anggota SEAVSA di masa yang akan datang.

BACA JUGA  FTK UIN Ar-Raniry Gelar Yudisium, 55 Lulusan Raih Cumlaude

Pemateri utama pada kegiatan Annual Meeting SEAVSA ini adalah Prof. Dr. Achariya Sailasuta yang merupakan Chaiperson ASEAN Veterinary Statutory Body Network (AVSBN)/Chair Ad Hoc Group for SEA Veterinary Accreditation Standards. Selain itu juga menghadirkan Prof. Dr. Vanessa Barrs yaitu, Dekan Jockey Club College of Veterinary Medicine and Life Sciences, City University of Hong Kong yang sudah memperoleh pengakuan akreditasi dari Australian Veterinary Boards Council (AVBC). Keduanya membagikan target dan pengalaman dalam mengikuti proses persiapan dan pelaksanaan akreditasi oleh lembaga akreditasi internasional yang spesifik bidang veteriner. Melalui materi kedua pakar ini telah memberi wawasan kepada para peserta pertemuan ini terkait standar akreditasi internasional bidang kedokteran hewan.

BACA JUGA  Pastikan Keamanan Arus Balik Lebaran, Kapolri Patroli Udara Jalur Tol

Selain peserta perwakilan FKH dari Indonesia dan Thailand, juga hadir perwakilan FKH dari sejumlah negara ASEAN lainnya yaitu Vietnam, Laos, Kamboja, Myanmar, Filipina dan Malaysia. Kemudian juga dihadiri oleh perwakilan World Organization of Animal Health (WOAH) yang sangat berkaitan dalam pemanfaatan sumber daya manusia bidang kedokteran hewan.

Dekan FKH USK menyampaikan bahwa pertemuan ini merupakan kesempatan yang baik untuk memperoleh informasi terkini tentang perkembangan Pendidikan Kedokteran Hewan di ASEAN dan dunia. Selain itu juga dimanfaatkan untuk memperkuat dan memperluas jejaring kerjasama dengan berbagai lembaga kedokteran hewan terbaik dunia.