Danrindam IM Pimpin Upacara Pembukaan Diksarmil dan Suskalak Menwa Mahadasa Aceh Tahun 2024.

|

DITAYANG:

Aceh Besar – Danrindam IM, Kolonel Inf Trijoko Adiwiyono, S.H., M.Si. membuka Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil) Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahadasa Aceh yang diikuti 42 orang peserta di Lapangan Upacara Dodik Belanegara Rindam IM, Kamis (18/1/2024).

Dalam amanatnya Danrindam IM menyampaikan bahwa di selenggarakannya pendidikan bela negara ini agar para resimen mahasiswa memiliki kemampuan awal bela negara baik dari fisik maupun sikap mental, karakter, rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara serta rela berkorban untuk bangsa dan negara.

BACA JUGA  Polisi Sukses Amankan Kampanye Terbuka Capres Nomor Urut Satu di Aceh

“Perlu kita sadari bahwa bela negara bukan hanya tugas TNI semata, namun bela negara merupakan tugas dan kewajiban kita semua sebagai warga negara Indonesia” Pungkas Danrindam.

Pendidikan dasar militer ini sangat penting untuk membentuk para mahasiswa agar memiliki mental dan fisik yang tangguh, berdisiplin tinggi sebagai kader bangsa.

Resimen mahasiswa adalah salah satu kekuatan sipil, merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta. (Sishankamrata).

BACA JUGA  Masjid Jami' Lueng Bata Gelar Buka Puasa Bersama dan Santunan Anak Yatim serta Haflah Al-Qur'an

“Oleh karenanya setelah selesainya pendidikan dasar militer ini anggota Menwa diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi kampus masing-masing dan di masa yang akan datang apabila negara memanggil para Menwa harus siap terlibat dalam mempertahankan negara” ucap Danrindam.

Diakhir amanatnya Danrindam IM menegaskan kepada para pembina dan pelatih agar dalam setiap kegiatan selalu memperhatikan faktor keamanan baik sebelum, selama dan sesudah kegiatan latihan.

Hadir dalam Upacara Pembukaan Diksarmil diantaranya yaitu Aster Kasdam IM, Wadanrindam IM, para Kabag, para Katim, para Dansatdik, Kadepter, Kasipamops, Dansat Brimob Polda Aceh, Dir Binmas Polda Aceh, Pimpinan Perti peserta Diksar, Kakesbangpol Prov Aceh, Danmem, senior dan alumni Resimen Mahasiswa.

BACA JUGA  Awali Safari Ramadan, Pj Wali Kota Tarawih Bersama Warga Gampong Seutui