Dakwah Ramadhan: Pengurus ISAD Aceh Diundang ke Malaysia

|

DITAYANG:

Banda Aceh, Tubinnews – Sejumlah pengurus Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD) Aceh melaksanakan dakwah Ramadan di sejumlah masjid di Negeri Jiran, Malaysia. Mereka diundang langsung untuk mengisi kajian selama bulan suci Ramadan.

Salah satu pengurus ISAD Aceh yang diundang adalah Dewan Pembina ISAD, Aceh Tgk. H. Umar Rafsanjani, Lc, MA., yang juga merupakan pengurus Dayah Mini Aceh. Ia diundang untuk menjadi imam dan penceramah di sejumlah masjid di Malaysia.

Divisi Humas DPP ISAD Aceh, Tgk. Saiful Hadi, MT., menjelaskan bahwa Tgk. Umar turut mengajak beberapa murid senior dari Alumni Dayah Mini Aceh, antara lain Tgk. Alwy Akbar Al Khalidi, SH, MH., yang juga merupakan anggota DPP ISAD Aceh, dan Tgk. Beni Sofyanto Al Hafizh, seorang santri Dayah Mini Aceh.

BACA JUGA  Mantan Kabareskrim Minta Publik Sabar dan Tak Berasumsi Terkait Kasus Vina

“Adapun kegiatan Ramadan di Malaysia meliputi menjadi imam salat tarawih, imam qiyamullail pada malam-malam ganjil, memberikan tazkirah sebelum jumat, tazkirah subuh, tazkirah zuhur, dan tazkirah asar, serta membimbing tadarus bagi jemaah ibu-ibu di waktu duha,” papar Tgk. Saiful Hadi, Selasa (19/3/2024).

Dalam perjalanan dakwah kali ini, mereka diundang oleh beberapa masjid dan surau sentral di Pulau Pinang, seperti Masjid Taman Tun Sardon Gelugor, Masjid Al Mustaghfirin Sungai Tiram Bayan Lepas, Surau Siwa Bayan Baru, Surau Bukit Jambul Sungai Nibong Kecil, dan Surau Almubarak Sungai Ara.

BACA JUGA  Pj Bupati Hadiri Funwalk & Senam Bersama Komunitas Pemerhati Pendidikan

Di luar Pulau Pinang, mereka juga akan mengisi kegiatan Ramadan di Masjid Syed Mohammad Al Bukhary Kedah Darul Aman, Masjid Sungai Nibong Bayan Baru, An Nur Lebuh Nipah Pulau Pinang, serta beberapa masjid lainnya di Negri Perak, Terengganu, Negeri Sembilan, dan Kelantan. Bahkan mereka juga akan berkunjung ke Madrasah Al Aliyah Sikamat Seremban, Negeri Sembilan.

Sebagai informasi, Tgk. Umar Rafsanjani telah berdakwah Ramadan dan menjadi imam tarawih di Malaysia selama 14 tahun terakhir. Beliau, yang akrab disapa Abi Umar, merupakan alumni Dayah Darussalam Labuhan Haji, Darur Rahmah Kota Fajar Aceh Selatan, dan Dayah BUDI Lamno Aceh Jaya.

BACA JUGA  Berburu Takjil, Warga Padati Jalan Garuda Banda Aceh

Setelah menyelesaikan kuliah S-1 di Mesir dan S-2 di Tunisia, Tgk. Umar Rafsanjani melanjutkan studinya di University Sains Malaysia (USM) dan juga pernah menjadi penceramah tetap resmi di pemerintahan Negeri Pulau Pinang, Malaysia.

“Kami berangkat ke Malaysia pada 2 Ramadan, dan Insya Allah kami akan kembali ke Aceh pada tanggal 3 April 2024 sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” ungkap Tgk. Hadi.

spot_img
spot_img
spot_img